Pengaruh religiusitas, digital marketing, halal awareness dan brand trust terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Semarang
Dini, Rizka Martinna (2025) Pengaruh religiusitas, digital marketing, halal awareness dan brand trust terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2105056054_Rizka_Martinna_Dini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kemajuan teknologi digital telah berdampak pada berbagai sektor, termasuk bisnis kecantikan. Wardah merupakan salah satu perusahaan kosmetik yang menggunakan teknologi digital dalam strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pemasaran digital, kesadaran akan produk halal, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Semarang. Penelitian ini meneliti fluktuasi penjualan Wardah dalam beberapa tahun terakhir terlepas dari status merek tersebut sebagai pelopor kosmetik halal di Indonesia. Penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif, menggunakan metode non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data, yang kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda dan uji-t. Pengujian dilakukan dengan perangkat lunak pengolah data, khususnya SPSS 26. Hasil menunjukkan bahwa pemasaran digital dan kepercayaan merek memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t-hitung sebesar 2,360 dan 6,261, serta nilai p-value sebesar 0,020 dan 0,000. Sebaliknya, religiusitas dan pengetahuan merek halal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji-t untuk religiusitas menunjukkan nilai t-hitung sebesar 0,352 dan nilai p-value sebesar 0,726, sedangkan untuk kesadaran merek halal, nilai t-hitung sebesar -0,238 dengan nilai p-value sebesar 0,812. Kedua nilai p-value tersebut melebihi 0.05, menandakan bahwa kedua variabel tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Wardah.
ABSTRACT:
The advancement of digital technology has impacted various sectors, including the beauty business. Wardah is one of the cosmetic companies that uses digital technology in its marketing strategy. This study seeks to determine the effect of religiosity, digital marketing, awareness of halal products, and brand trust on purchasing decisions for Wardah cosmetics in Semarang City. This study examines Wardah's sales fluctuations in recent years despite the brand's status as a pioneer of halal cosmetics in Indonesia. The research conducted is quantitative, using non-probability sampling method with a sample size of 100 respondents. This study used a questionnaire for data collection, which was then analyzed by multiple linear regression and t-test. Tests were carried out with data processing software, specifically SPSS 26. The results show that digital marketing and brand trust have a positive and significant influence on purchasing decisions, with t-count values of 2.360 and 6.261, and p-values of 0.020 and 0.000, respectively. In contrast, religiosity and halal brand knowledge do not have a significant influence on purchasing decisions. The t-test results for religiosity show a t-count value of 0.352 and a p-value of 0.726, while for halal brand awareness, the t-count value is -0.238 with a p-value of 0.812. Both p-values exceed 0.05, indicating that the two variables do not have a significant effect on purchasing decisions for Wardah products.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Religiusitas; Digital marketing; Halal awareness; Brand trust; Keputusan pembelian; Kosmetik |
| Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:29 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:29 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28711 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
