Pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap motivasi belajar pendidikan Pancasila siswa kelas III SD Hj. Israti Baiturrahman 2 Semarang tahun 2024/2025
Wulandari, Dila Safira (2025) Pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap motivasi belajar pendidikan Pancasila siswa kelas III SD Hj. Israti Baiturrahman 2 Semarang tahun 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096113_DILA SAFIRA_Full Skripsi - Dila Safira.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila materi kewajiban dan hak dalam mematuhi aturan di kelas III SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, antara lain : 1) guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvesional tanpa mengkolaborasikan dengan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa gampang merasa bosan; 2) guru cenderung memberikan penugasan kepada siswa setelah diberikan materi; dan 3) siswa masih ada yang mengobrol sendiri ketika pembelajaran berlangsung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III B dan III C SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Kelas III B sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran course review horay dan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan, III C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran course review horay. Instrument yang digunakan adalah angket yang berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Indipendent Sampel t – Test.
Temuan hasil penelitian ini adalah model pembelajaran course review horay berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila materi kewajiban dan hak dalam mematuhi aturan dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Indipendent Sampel t – Test berbantuan SPSS 25.0, diperoleh nilai Sig. 0.011 < 0.05. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. Berdasarkan uji Cohen’s diperoleh nilai 0,746 dan termasuk dalam kategori sedang karena nilai d berada diantara nilai 0,2<d<0,8. Selain itu, dilihat dari hasil angket posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai rata – rata 62.08 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata – rata 59.48.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Course review horay; Motivasi belajar siswa |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:27 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:27 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28712 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
