Pengaruh costumer online review, product bundling, dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian : studi kasus pada pengguna Shopee Food di Kota Semarang

Pujianto, Arvet Ivando (2025) Pengaruh costumer online review, product bundling, dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian : studi kasus pada pengguna Shopee Food di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2105056073_Arvet_Ivando_Pujianto] Text (Skripsi_2105056073_Arvet_Ivando_Pujianto)
Skripsi_2105056073_Arvet_Ivando_Pujianto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Layanan online food delivery adalah sebuah sarana yang menghubungkan konsumen dengan usaha kuliner secara daring yang menghubungkan restoran dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Costumer Online Review, Product bundling, dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pengguna Shopee Food di Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi pada penelitian ini adalah populasi infiniti, populasi infinit adalah suatu populasi yang jumlah anggota populasi tidak dapat diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel berdasarkan non probability sampling.
Hasil dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada Pengguna Shopee Food di Kota Semarang dan diproses serta dianalisis menggunakan uji statistik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Costumer Online Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Product bundling berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Gratis Ongkos Kirim berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

ABSTRACT:
Online food delivery service is a means that connects consumers with online culinary businesses that connect restaurants with consumers. This research aims to examine the influence of online customer reviews, product bundling, and free shipping on purchasing decisions in case studies of Shopee Food users in Semarang City.
This research uses a quantitative approach. And the data used in this research is primary data. The population in this study is an infinite population, an infinite population is a population where the number of population members cannot be known with certainty. The sample in this study amounted to 100 samples using a sampling technique based on non-probability sampling.
The results in this research were collected through a questionnaire distributed to Shopee Food users in Semarang City and processed and analyzed using multiple linear regression analysis statistical tests. The results of this research show that the Online Customer Review variable has a positive and significant effect on Purchasing Decisions, the Product Bundling variable has a positive and significant effect on Purchasing Decisions, and the Free Shipping variable has a positive but not significant effect on purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Online costumer review; Product bundling; Gratis ongkos kirim; Keputusan pembelian; Shopee food; Mahasiswa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:44
Last Modified: 10 Dec 2025 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28715

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics