Pengembangan media jembatan lintas pulau untuk meningkatkan pemahaman materi mengenal peta siswa kelas IV MI Takhasus Darul Ulum Semarang tahun 2024/2025

Arifah, Ettik (2025) Pengembangan media jembatan lintas pulau untuk meningkatkan pemahaman materi mengenal peta siswa kelas IV MI Takhasus Darul Ulum Semarang tahun 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096114_Ettik Arifah_Full Skripsi-1 - Ettik] Text (2103096114_Ettik Arifah_Full Skripsi-1 - Ettik)
2103096114_Ettik Arifah_Full Skripsi - Ettik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media jembatan lintas pulau umtuk meningkatkan pemahaman materi mengenal peta. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation, and, evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan soal pretest dan post test, melalui data kualitatif dianalisis pemahaman dengan mencermati dan menentukan jawaban informan, dan data kuantitatif dianalisis dengan mencari nilai rata-rata presentase dan N-Gain. Subjek dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas IV MI Takhasus Darul Ulum Semarang dengan jumlah 14 siswa.
Hasil Penelitian ini yaitu: validasi ahli materi memuat presentase sebesar 85,45% dengan kategori sangat valid dari aspek kurikulum, aspek evaluai serta aspek penyajian mater dan 74,44% untuk validasi ahli media dengan kategori valid dari aspek media jembatan lintas pulau serta aspek rekayasa media jembatan lintas pulau. Nilai rata-rata dari hasil uji validasi materi dan validasi ahli media menunjukan 79,94% dengan kategori valid. Hasil pre-test siswa kelas IV MI Takhasus Darul Ulum Semarang menunjukan rata-rata 35,3% sedangkan hasil post tes menunjukan rata-rata 72,8% dengan perolehan nilai N-Gain score yaitu 58,85% yang artinnya bahwa dengan menggunakan media jembatan ini mampu meningkatkan siswa memahami pembelajaran IPAS siswa kelas IV MI Takhasus Darul Ulum Semarang.

Hasil respon siswa kelas IV MI Takhasus Darul Ulum Semarang terhadap belajar menggunakan media jembatan litas pulau yang memuat presentase sebesar 91,66% dengan kategori “sangat baik” dengan aspek tanggapan siswa terhadap media jembatan lintas pulau serta tanggapan tentang media pembelajaran. Media jembatan lintas pulau ini memberikan alternatif pembelajaran yang menyenangkan sehingga mamu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi mengenal peta . Media jembatan lintas pulau menjadi solusi efektif dalam proses pembelajaran di tingkat dasar sekolah, khususnya dalam pebelajaran materi yang versifat visual seperti peta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Peta; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:26
Last Modified: 10 Dec 2025 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28719

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics