Pengaruh metode storytelling terhadap keterampilan berbicara bahasa krama inggil peserta didik kelas V di MIT Nurul Islam Semarang 2024/2025

UNSPECIFIED (2025) Pengaruh metode storytelling terhadap keterampilan berbicara bahasa krama inggil peserta didik kelas V di MIT Nurul Islam Semarang 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096120_Gadiza Lengkap Tugas Akhir - Gadiz Za] Text (2103096120_Gadiza Lengkap Tugas Akhir - Gadiz Za)
2103096120_Gadiza Lengkap Tugas Akhir - Gadiz Za.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Eksistensi pembelajaran bahasa Jawa di era teknologi modern ini pada generasi muda mulai menurun. Bahasa Jawa merupakan pembelajaran yang tidak hanya menekankan pada pembelajaran bahasa dan kebudayaan saja, melainkan sebagai upaya pelestarian budaya salah satunya untuk pelestarian bahasa Jawa. Adanya metode storytelling ditujukan untuk membangun antusiasme siswa serta meningkatkan rasa tanggung jawab, kerjasama siswa dalam berkelompok, dan percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara metode storytelling terhadap keterampilan berbicara bahasa jawa krama inggil pada peserta didik kelas V MIT Nurul Islam Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va berjumlah 25 siswa dan Kelas Vb berjumlah 25 siswa. Analisis data untuk pengaruh 2 variabel yaitu Independent Sample T- Test. Hasil perhitungan analisis pengaruh 2 variabel tersebut diperoleh nilai signifikansi kelas eksperimen 0,000 < 0,05 dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikasi 0,003 < 0,05, maka H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada metode storytelling terhadap keterampilan berbahasa krama inggil siswa kelas V MIT Nurul Islam Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Storytelling; Bahasa krama inggil; Keterampilan berbicara
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:31
Last Modified: 10 Dec 2025 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28720

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics