Efektivitas pembelajaran berbasis etnomatematika permainan kartu umbul terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I MI Miftahush Sibyan 01 Genuksari Genuk Semarang

Maghfiroh, Ana (2025) Efektivitas pembelajaran berbasis etnomatematika permainan kartu umbul terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I MI Miftahush Sibyan 01 Genuksari Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096121-Ana Maghfiroh-LENGKAP TUGAS AKHIR - Ana Maghfiroh] Text (2103096121-Ana Maghfiroh-LENGKAP TUGAS AKHIR - Ana Maghfiroh)
2103096121-Ana Maghfiroh-LENGKAP TUGAS AKHIR - Ana Maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran berbasis etnomatematika permainan kartu umbul efektif terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I di MI Miftahush Sibyan 01 Genuksari Genuk Semarang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada skor hasil PISA 2022 yaitu rendahnya kemampuan matematika siswa di Indonesia, rendahnya kemampuan berhitung pada siswa kelas I di MI Miftahush Sibyan Genuksari Genuk Semarang serta kesulitan siswa dalam memahami dan berhitung matematika yang sering dianggap sulit yang menjadikannya hasil belajar siswa menurun. Salah satu pendekatan inovatif yang konsektual dan menarik yang dapat digunakan adalah etnomatematika, yaitu dengan mengaitkan konsep matematika dengan unsur budaya lokal. Dalam penelitian ini, permainan kartu umbul sebagai salah satu permainan tradisional yang digunakan sebagai sarana pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 70 siswa, dengan 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, yang berarti H₀ ditolak dan Ha diterima. Rata-rata nilai Pretest pada kelas eksperimen adalah 64,7, meningkat menjadi 80,3 pada posttest. Sementara itu, kelas kontrol mengalami penurunan kareana ketidak aktifan siswa dan kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran adapun hasil Pretest 63,8 dan posttest menjadi 58,6. Uji N-Gain menghasilkan skor 0,5752 dengan skor persen sebesar 58%, yang termasuk dalam kategori cukup efektif di terapkan. Dengan demikian, meskipun pembelajaran ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 1 MI Mifathush Sibyan 01 Genuksari Genuk Semarang, tingkat efektivitasnya berada pada kategori cukup efektif di terapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika; Permainan kartu umbul; Kemampuan berhitung
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:37
Last Modified: 10 Dec 2025 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28722

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics