Efektivitas model problem based learning berbantu media tangga bersusun terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelaS III MI Baitul Huda Semarang

Merlinda, Putri (2025) Efektivitas model problem based learning berbantu media tangga bersusun terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelaS III MI Baitul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096125_Putri Merlinda_Lengkap Tugas Akhir - Putri Merlinda] Text (2103096125_Putri Merlinda_Lengkap Tugas Akhir - Putri Merlinda)
2103096125_Putri Merlinda_Lengkap Tugas Akhir - Putri Merlinda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil prariset pada kelas III MI Baitul Huda Semarang yaitu diperoleh informasi Pada proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika di madrasah masih banyak guru yang jarang menggunakan model problem based learning serta media tangga bersusun sehingga Ketika pembelajaran matematika siswa merasa kesulitan, dan kurang paham dalam menyelesaikan soal berbentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning berbantu media tangga bersusun terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas III MI Baitul Huda Semarang Tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa. Perhitungan teknik analisis data pretest dan posttest peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas, Uji t, dan uji N-gain.
Berdasarkan analisis uji normalitas postest kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,168 Ltabel 0,180 sedangkan pada kelas kontrol Lhitung 0,081 Ltabel 0,180 maka kedua kelas tersebut berdistribusi normal karena Ltabel > Lhitung. Uji homogenitas pada kelas eksperimen diperoleh Fhitung 0,278 dan Ftabel 1,984 dengan keputusan Fhitung < Ftabel yang berarti kedua kelas tersebut homogen. Pada uji t dari kelas eksperimen dan kontrol diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Hal ini ditunjukan pada thitung > ttabel yang diperoleh thitung = 4.462 dan ttabel= 2.011. Dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima. Pada uji n-gain kelas eksperimen memperoleh nilai n-gain 0,76 (tinggi) sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai n-gain 0,60 (sedang). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbnatu media tangga bersusun efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas III MI Baitul Huda Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning; Media tangga bersusun; Pemahaman matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:45
Last Modified: 10 Dec 2025 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28724

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics