Membangun karakter komunikatif melalui ekstrakurikuler rebana di MIT Nurul Islam Semarang
Najah, Aulia Faiqotun (2025) Membangun karakter komunikatif melalui ekstrakurikuler rebana di MIT Nurul Islam Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096141_Aulia Faiqotun Najah_Full Skripsi - aulia najah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis ekstrakurikuler rebana dalam membangun karakter komunikatif di MIT Nurul Islam serta mengidentifikasi faktor pendukun dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi waka kurikulum, pelatih rebana, dan siswa. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter komunikatif dibangun melalui enam indikator : keterampilan mendengarkan, kerja sama, perhatian dengan pada orang lain, komunikasi yang baik dan santun, menghormati orang lain, dan bergaul dengan sesama. Faktor pendukung meliputi dukungan dari pihak terkait, pelatih yang berpengalaman, alat yang memadai, dan tempat yang nyaman. Sementara itu, hambatan utamanya adalah pelatih yang tidak tetap dan keterbatasan waktu.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler; Rebana |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369 |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 01:25 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 01:25 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28744 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
