Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa kelas V materi magnet di MIN 1 Kendal
Sari, Trianita Wulan (2025) Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa kelas V materi magnet di MIN 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096154_Trianita Wulan Sari_Lengkap Tugas Akhir - trianita wulansari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi magnet jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran IPA, khususnya dalam memahami konsep-konsep abstrak seperti kemagnetan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) dan pendekatan komparatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dari sekolah dasar yang dipilih secara purposive, masing-masing sebagai kelas eksperimen (inkuiri terbimbing) dan kelas kontrol (pembelajaran langsung).
Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan uji non-parametrik Mann- Whitney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0,868 (> 0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak memberikan pengaruh yang secara signifikan lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi magnet.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Inkuiri; Materi magnet; Siswa |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 01:31 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 01:31 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28747 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
