Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa kelas V materi magnet di MIN 1 Kendal

Sari, Trianita Wulan (2025) Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa kelas V materi magnet di MIN 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096154_Trianita Wulan Sari_Lengkap Tugas Akhir - trianita wulansari] Text (2103096154_Trianita Wulan Sari_Lengkap Tugas Akhir - trianita wulansari)
2103096154_Trianita Wulan Sari_Lengkap Tugas Akhir - trianita wulansari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi magnet jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran IPA, khususnya dalam memahami konsep-konsep abstrak seperti kemagnetan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) dan pendekatan komparatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dari sekolah dasar yang dipilih secara purposive, masing-masing sebagai kelas eksperimen (inkuiri terbimbing) dan kelas kontrol (pembelajaran langsung).
Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan uji non-parametrik Mann- Whitney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0,868 (> 0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak memberikan pengaruh yang secara signifikan lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi magnet.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Inkuiri; Materi magnet; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:31
Last Modified: 11 Dec 2025 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28747

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics