Pengaruh model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV MIN 01 Kendal tahun ajaran 2024/2025

Awaliyah, Khasanatul (2025) Pengaruh model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV MIN 01 Kendal tahun ajaran 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096155_KHASANATUL AWALIYAH-SKRIPSI - Khasanatul Awaliyah02] Text (2103096155_KHASANATUL AWALIYAH-SKRIPSI - Khasanatul Awaliyah02)
2103096155_KHASANATUL AWALIYAH_SKRIPSI - Khasanatul Awaliyah02.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyak siswa kurang percaya diri dalam mengungkapkan dan mengklasifikasikan konsep yang menyebabkan kurangnya pemahaman materi pembelajaran. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep materi keberagaman sosial budaya dan kearifan lokal siswa kelas IV MIN 01 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 27 siswa, dengan kelas IV E sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 27 siswa. Secara keseluruhan ada 54 siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai pretest kelompok eksperimen yaitu 49 dan kelompok kontrol mendapatkan nilai rata-rata 63.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang dilperoleh dari kelas eksperimen yaitu rata-rata 63, sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol yaitu 73,07, dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih kecil dari kelas kontrol. Dari analisis uji hipotesis dengan memakai Uji Independent Sample t-test perhitungan data postest kelas eksperimen dan kontrol yaitu 0,025>0,05 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV MIN 01 Kendal tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Snowball throwing
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:38
Last Modified: 11 Dec 2025 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28748

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics