Analisis manajemen pemasaran pembiayaan murabahah di BMT Bismillah Sukorejo

Al Abhar, Niswatul Chasanah (2014) Analisis manajemen pemasaran pembiayaan murabahah di BMT Bismillah Sukorejo. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 112503052_coverdll.pdf]
Preview
Text
112503052_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 112503052_Bab1.pdf]
Preview
Text
112503052_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 112503052_Bab2.pdf]
Preview
Text
112503052_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 112503052_Bab3.pdf]
Preview
Text
112503052_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 112503052_Bab4.pdf]
Preview
Text
112503052_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 112503052_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
112503052_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Aktivitas utama BMT Bismillah adalah menyalurkan dana kepada
anggota melalui berbagai macam pembiayaan, diantaranya murabahah, bai’ bitsamanil ajil, qardul hasan (jual beli), mudharabah, musyarakah. Dalam penyaluran dana BMT Bismillah, sangat diperlukan penerapan-penerapan mekanisme yang mencerminkan keadilan, kejujuran dan profesionalisme untuk memberikan pelayanan sesuai nilai-nilai universal agama islam. Manajemen pemasaran merupakan rangkaian kegiatan terarah yang meliputi analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional.Pada kenyataanya, di BMT Bismillah masih terdapat hambatan-hambatan pada manajemen marketing yang kurang efektif dalam mempromosikan produk murabahah. Oleh karena itu, perlu peningkatan sistem manajemen agar pembiayaan murabahah di BMT Bismillah dapat lebih baik dalam mencapai target.
Tugas Akhir ini disusun menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data diperoleh dari data primer, yakni data field research (penelitian lapangan) melalui wawancara dengan manajer BMT Bismillah Sukorejo, observasi dan dokumentasi. Data sekunder (tidak langsung) yaitu literatur lainnya yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Adapun metode analisis, penulis menggunakan metode analisis deskriptif yang bertujuan mendiskripsikan penerapan manajemen pemasaran pembiayaan murabahah di BMT Bismillah Sukorejo.
Dari proses penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Bismillah dalam penerapan manajemen pemsaran pembiayaan murabahah telah sesuai dengan langkah-langkah manajemen yang ada, akan tetapi perlu pembenahan terhadap langkah perencananaan dan pengorganisasian agar lebih kreatif dan optimal lagi dalam pelaksanaan pemasaran, serta sistim pengendalian harus lebih ketat dalam mengawasi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Kata kunci : Manajemen Pemasaran Pembiayaan Murabahah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Manajemen Pemasaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2014 05:32
Last Modified: 20 May 2021 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics