Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di kelas 5 MI Miftahul Akhlaqiyah 2024/2025

Anjani, Isfaidah Nur (2025) Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di kelas 5 MI Miftahul Akhlaqiyah 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096165_Isfaidah Nur Anjani_Lengkap Tugas Akhir - ISFAIDAH NUR ANJANI 2103096165] Text (2103096165_Isfaidah Nur Anjani_Lengkap Tugas Akhir - ISFAIDAH NUR ANJANI 2103096165)
2103096165_Isfaidah Nur Anjani_Lengkap Tugas Akhir - ISFAIDAH NUR ANJANI 2103096165.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 5 MI Miftahul Akhlaqiyah 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 A MI Miftahul Akhlaqiyah yang berjumlah 25 siswa. Perhitungan Teknik analisis data pretest dan posttest peneliti menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan analisis pengaruh dua variabel.
Hal itu ditujukan dari perolehan nilai rata – rata, yaitu nilai rata – rata pretest sebesar 10.08 dan nilai rata – rata posttest sebesar 12.80. Sementara itu, hasil uji-t menggunakan uji paired samples t-test diperoleh nilai t sebesar 10.663 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai t_hitung 10,663 > t_tabel 2,063899, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Artinya, penerapan pembelajaran berdiferensiasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran diferensiasi; Pendidikan Pancasila
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:51
Last Modified: 11 Dec 2025 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28754

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics