Implementasi pembelajaran akhlak bernegara melalui permainan edukatif di RA Puspa Indria
Fatonah, Nurul Thoyibatul (2025) Implementasi pembelajaran akhlak bernegara melalui permainan edukatif di RA Puspa Indria. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103106013_Nurul thoyibatul f_Lengkap Tugas Akhir.docx - NURUL THOYIBATUL FATONAH 2103106013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran akhlak bernegara merupakan suatu proses pendidikan guna menanamkan perilaku dan sikap yang mewakili cita-cita moral dan etika dalam kehidupan bernegara. Pendidikan anak usia dini menjadi pondasi dalam penanaman akhlak salah satunya adalah akhak bernegara. Dimana pendidikan harus bisa seimbang, tidak hanya berfokus pada perkembangan fisik dan kognitif saja, perkembangan afektif juga perlu diperhatikan dalam memberikan stimulasi bagi anak untuk kehidupan mendatang.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : (1) Bagaimana implementasi pembelajaran akhlak bernegara melalui permainan edukatif di RA Puspa Indria? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran akhlak bernegara melalui permainan edukatif di RA Puspa Indria?
Penulis menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan peserta didik RA Puspa Indria. Sumber dalam penulisan berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi.
Implementasi pembelajaran akhlak bernegara melalui permainan edukatif di RA Puspa Indria diawali dengan tahapan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi. Pemberian pembelajaran akhlak bernegara kepada peserta didik berupa penanamkan rasa cinta tanah air, mengenalkan keberagaman budaya, tradisi, adat dan bahasa, mengenali identitas sebagai warga negara, memahami hak dan kewajiban serta menumbuhkan sifat dan perilaku yang mencerminkan sebagai warga negara.
Kendala yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran akhlak bernegara melalui permainan edukatif di RA Puspa Indria seperti perbedaan tingkat kemampuan kognitif dan emosional, waktu pembelajaran disekolah, situasi belajar yang kurang kondusif serta lingkunngan sekitar anak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Akhlak; Permainan edukatif |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 05:49 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 05:49 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28792 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
