Stereotipe gender dan dampaknya terhadap pemberdayaan perempuan dalam bidang pendidikan di Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus

Jannah, Azzahra Putri (2025) Stereotipe gender dan dampaknya terhadap pemberdayaan perempuan dalam bidang pendidikan di Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2101046068_Azzahra_Putri_Jannah] Text (Skripsi_2101046068_Azzahra_Putri_Jannah)
Skripsi_2101046068_Azzahra_Putri_Jannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Stereotipe gender merupakan pandangan atau asumsi umum mengenai sifat, peran, dan ciri-ciri yang dianggap pantas dimiliki oleh laki-laki maupun perempuan. Pada perempuan, stereotipe ini sering muncul dalam kehidupan sehari-hari, misalnya anggapan bahwa perempuan tidak perlu menempuh pendidikan tinggi, sering dianggap kurang cakap dalam mengemudi, atau tidak layak menjadi pemimpin karena dinilai lebih mengutamakan perasaan dan kurang rasional. Stereotipe ini tidak hanya membatasi akses perempuan terhadap sumber daya ekonomi, tetapi juga membatasi akses dan partisipasi perempuan dalam bidang pendidikan. Persepsi yang membatasi peran perempuan hanya pada ranah domestik telah menciptakan hambatan bagi mereka untuk mengejar pendidikan lebih tinggi. Akibatnya, tingkat pendidikan perempuan di desa ini cenderung lebih rendah dibandingkan laki-laki.
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana bentuk stereotipe gender dalam pendidikan terhadap perempuan di Desa Loram Wetan, (2) apa dampak stereotipe gender terhadap pemberdayaan perempuan dalam bidang pendidikan di Desa Loram Wetan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk stereotipe gender dalam pendidikan terhadap perempuan di Desa Loram Wetan dan dampaknya terhadap pemberdayaan perempuan dalam bidang pendidikan di Desa Loram Wetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan utama terdiri dari tokoh masyarakat, kader PKK, kader posyandu, pelajar, dan tokoh agama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk stereotipe terhadap pemberdayaan perempuan dalam bidang pendidikan di Desa Loram Wetan meliputi pelabelan terhadap perempuan karir, anggapan bahwa perempuan tidak perlu berpendidikan tinggi, persepsi jurusan akademik terhadap perempuan, perempuan berpendidikan tinggi di nilai sulit mendapat pasangan, serta anggapan bahwa perempuan tidak mampu menjadi pemegang kebijakan akademik. Sementara itu, dampak stereotipe gender terhadap pemberdayaan perempuan dalam bidang pendidikan meliputi dampak terhadap program-program pemberdayaan perempuan, dampak terhadap pembatasan akses dan partisipasi, dampak terhadap kurangnya relevansi program pemberdayaan, dampak emosional berupa kurangnya kepercayaan diri dan motivasi, dampak diskriminasi dan kekerasan berbasis gender, serta dampak terhadap kurangnya perubahan sistemik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Stereotipe; Gender; Pemberdayaan perempuan; Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:06
Last Modified: 18 Dec 2025 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics