Strategi pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Miftahul Afkar Clekatakan Pemalang

Nabila, Itsna Hani Niken (2025) Strategi pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Miftahul Afkar Clekatakan Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103016030_Itsna Hani Niken Nabila] Text (Skripsi_2103016030_Itsna Hani Niken Nabila)
2103016030_Itsna Hani Niken Nabila_Lengkap Tugas Akhir - ITSNA HANI NIKEN NABILA 2103016030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas strategi pembelajaran Al-Qur’an yang dilatarbelakangi oleh masih adanya santri yang kesulitan dalam membaca dan memahami Al-Qur’an, dimana hal tersebut disebabkan oleh kompetensi guru yang masih kurang dan masih belum sepenuhnya paham dalam menerapkan metode pembelajaran yang ada. Fokus penelitian ini: (1) Strategi peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Miftahul Afkar (2) Dampak strategi terhadap prestasi belajar Al-Qur’an bagi santri di TPQ Miftahul Afkar?. Maka dilakukan penelitian di TPQ Miftahul Afkar Clekatakan Pemalang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi sumber kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Miftahul Afkar mencakup tiga pendekatan utama, yaitu strategi pengorganisasian kelas secara klasikal dan individual, strategi pembelajaran dengan cara pembiasaan, sorogan dan baca tulis, serta strategi penilaian melalui tiga tahap yaitu evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dan evaluasi kelulusan, dimana strategi tersebut didukung dengan pengembangan kompetensi guru melalui kegiatan Lembaga Pendidikan Dewasa (LPD) yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis, meliputi: Pengembangan kompetensi profesional, pengembangan kompetensi pedagogik dan pengembangan kompetensi kepribadian (2) Dampak strategi terhadap prestasi belajar Al-Qur’an bagi santri di TPQ Miftahul Afkar terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an santri, terlihat dari capaian nilai belajar santri yang dominan menunjukkan hasil memuaskan, baik dalam buku prestasi harian maupun pada tahap evaluasi akhir (Imtihan Akhir Santri/Imtas).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Al-Qur’an; kompetensi guru; prsetasi belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:53
Last Modified: 23 Dec 2025 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28843

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics