Pengembangan karakter religius dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti serta projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMA N 3 tegal

Maulana, Akhmad Rizky (2025) Pengembangan karakter religius dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti serta projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMA N 3 tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103016101_Akhmad_Rizky_Maulana] Text (Skripsi_2103016101_Akhmad_Rizky_Maulana)
2103016101_AKHMAD RIZKY MAULANA_FULL SKRIPSI - AKHMAD RIZKY MAULANA 2103016101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan karakter religius dan tanggung jawab siswa menjadi aspek fundamental dalam pendidikan guna menghadapi tantangan degradasi moral dan sosial di era modern. Kurangnya internalisasi nilai-nilai religius dan tanggung jawab dalam kehidupan siswa menuntut adanya pendekatan sistematis melalui pendidikan formal. Dalam hal ini, teori pengembangan karakter Lickona menawarkan tiga dimensi utama—moral knowing, moral feeling, dan moral action—sebagai landasan dalam pengembangan karakter yang kuat. Sejalan dengan itu, penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan pengembangan karakter religius dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti serta Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA N 3 Tegal.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana pengembangan karakter religius dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA N 3 Tegal? 2) Bagaimana pengembangan karakter religius dan tanggung jawab siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA N 3 Tegal?
Pengembangan karakter religius dan tanggung jawab siswa di SMA N 3 Tegal dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan empat tahap utama: pemahaman nilai agama yang dikaitkan dengan kehidupan nyata, pelaksanaan metode pembelajaran aktif seperti diskusi dan keteladanan guru, pembiasaan program rutin dikelas seperti tadarus dan shalat dzuhur berjamaah, serta evaluasi melalui observasi perilaku dan penilaian. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) juga mengintegrasikan nilai religius dan tanggung jawab melalui kegiatan kolaboratif seperti drama musikal topik perundungan dan senam kreasi. Keberhasilan pengembangan ini didukung oleh pendekatan holistik, kolaborasi antar guru, dan lingkungan sekolah yang mendukung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter religius dan tanggung jawab siswa terbentuk melalui internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) yang diintegrasikan dalam berbagai kegiatan sekolah, terutama melalui program pembiasaan dan kegiatan keagamaan. Karakter religius siswa dibuktikan dengan partisipasi aktif dalam kegiatan seperti tadarus Al-Qur'an, shalat dzuhur berjamaah, dan pembacaan Asmaul Husna, yang menciptakan kebiasaan positif dalam menjalankan ibadah dan menghayati nilai-nilai keagamaan. Selain itu, dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), karakter religius juga ditunjukkan melalui partisipasi dalam kegiatan seperti senam kreasi yang mengajarkan syukur atas nikmat kesehatan, serta kesadaran melaksanakan shalat dzuhur berjamaah selama kegiatan P5.
Sementara itu, karakter tanggung jawab ditunjukkan dengan kesadaran siswa dalam menyelesaikan tugas tepat waktu, mematuhi peraturan sekolah seperti pengumpulan smartphone sebelum pembelajaran dimulai, serta aktif berkontribusi dalam kegiatan sosial seperti Jumat Infaq dan program SABADEGA (Smaga Bakti dan Dedikasi Garda Sosial). Dalam P5, karakter tanggung jawab juga terlihat melalui penyelesaian tugas kelompok, manajemen waktu, dan disiplin dalam menjalankan proyek seperti drama musikal topik anti bullying, yang melatih siswa untuk bekerja sama dan menghormati aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter religius; Pendidikan Agama Islam; budi pekerti; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Dec 2025 02:52
Last Modified: 23 Dec 2025 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28847

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics