Profil pelajar Pancasila dan relevansinya dengan pendidikan karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim
Afifudin, Ahmad Noor (2025) Profil pelajar Pancasila dan relevansinya dengan pendidikan karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103016143_Ahmad Noor Afifudin_Full Skripsi (1) - Ahmadnoorafifudin_21.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Dunia pendidikan masa kini dihadapkan pada tantangan moral yang kompleks. Fenomena ini termanifesrtasi dalam berbagai bentuk, seperti terjadinya kasus pemerasan, tawuran antar pelajar, pergaulan bebas. Peristiwa ini menunjukan penurunan karakter yang terjadi dalam pendidikan di Indonesia. Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan karakter yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia. Diantara kajian terhadap pendidikan karakter yaitu kajian tentang pendidikan karakter dalam profil pelajar pancasila dan relevansinya dengan kitab Ta’limul Muta’allim.
Penelitian ini menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan). Sumber data primer berupa kitab berupa kitab ta’limul muta’allim dan buku profil pelajar pancasila. Sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal-jurnal, web-page, dalil al-qur’an dan hadist, serta literatur lain yang berhubungan dengan pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data melalui cara dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) atau kajian isi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai pendidikan karakter dalam kitab ta’limul muta’allim antara lain: pendidikan karakter religius tawakkal, wara’, zuhud, syukur, cinta ilmu, cinta damai, demokratis, bersahabat, tawadlu’, cerdas, bersungguh-sungguh, rajin, husnudhan, dan jujur. Sedangkan nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul muta’allim tersebut, memiliki relevansi dengan enam karakter dimensi profil pelajar pancasila didalam kandungan nilai dan tujuannya. Walaupun dari masing-masing dimensi pancasila terdapat perbedaan didalam prakteknya. Enam dimensi tersebut meliputi: dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, dimensi bergotong royong, dimensi mandiri, dan berkebhinekaan global, dimensi bernalar kritis, dan dimensi kreatif.
Dengan demikian, diharapkan penelitian ini bisa memperkaya khazanah keilmuan dan menjadi terobosan ilmiah yang konstruktif bagi segenap praktisi pendidikan dalam rangka menciptakan satu pola pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak dan karakter untuk menjawab tantangan dan perkembangan zaman.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; Ta’limul Muta’allim; profil pelajar Pancasila |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bahrul Ulumi |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 06:28 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 06:28 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28850 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
