Penerapan strategi pemasaran produk simpanan KJKS Bina Niaga Utama (Binama) Cabang Weleri dalam meningkatkan keunggulan kompetitif
Hanik, Umi (2014) Penerapan strategi pemasaran produk simpanan KJKS Bina Niaga Utama (Binama) Cabang Weleri dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Diploma thesis, IAIN Walisongo.
112503104_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (444kB) | Preview
112503104_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
112503104_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
112503104_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
112503104_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (7kB) | Preview
112503104_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Alasan peneliti meneliti strategi pemasaran KJKS BINAMA selain karena peneliti tertarik dengan metode pemasaran KJKS BINAMA, di Weleri kabupaten Kendal banyak lembaga keuangan mikro lainnnya yang mengharuskan KJKS BINAMA bersaing secara kompeten dan menjadikan posisi KJKS BINAMA sebagai salah satu lembaga keuangan syariah harus mampu bersaing secara kompetitif memiliki karakter tersendiri dalam bersaing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah strategi pemasaran produk simpanan KJKS BINAMA dalam meningkatkan keunggulan kompetitif . Metodologi penelitian yaitu dengan jenis penelitian lapangan (field reseacrh) sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang di pakai peneliti adalah dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian tentang strategi pemasaran yang digunakan oleh KJKS BINAMA dalam penjualan produknya yaitu dengan : strategi produk dengan cara menentukan motto, menciptakan merek yang mudah diingat, terkesan modern, dan memiliki arti (dalam arti positif). Strategi harga ditentukan berdasarkan bentuk atau ukuran produk dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing produk. Strategi tempat dalam upaya KJKS melayani konsumen tepat waktu dan tepat sasaran, petugas KJKS langsung mendatangi nasabah dirumah-rumah atau ditempat mereka berusaha. Strategi promosi dengan cara periklanan, promosi penjualan, publisitas melalui kegiatan sponsor dan bakti sosial. Dan KJKS BINAMA juga menetapkan strategi pemasaran seperti menetapkan target dalam hal ini harus ditetapkan beberapa target funding yang akan di himpun agar marketing termotifasi melakukan kinerja yang maksimal. Melakukan inovasi pendanaan. Pencitraan (brand image) mewujudkan bahwa KJKS BINAMA dikelola secara profesional baik SDM, pembukuan dan pelayanan, pengelola juga menanamkan bahwa KJKS BINAMA adalah lembag dari, oleh, dan untuk umat, menanamkan bahwa KJKS BINAMA sebagai salah satu lembaga yang strategis untuk memberdayakan ekonomi umat, mewujudkan dan membuktikan bahwa simpanan dialokasikan untuk peningkatan kualitas hidup umat. Adapun produk yang diunggulkan yaitu: SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar), SISUKA (Simpanan Sukarela Berjangka), TASAQUR (Tabungan Persiapan Qurban), Siap Haji (Simpanan Persiapan Haji), TARBIAH (Tabungan Arisan berhadiah). Yang terakhir dengan keunggulan produk misalnya bagi hasil simpanan bersaing dengan lembaga lain, minimal sama, dari segi pelayanan, prosedur pembiayaan, dan simpanan aman, mudah, dan profesional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Produk Perbankan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Dec 2014 01:56 |
Last Modified: | 21 May 2021 02:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2901 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year