Tanfīż ta`līm al-balāgah bi istikhdām kitāb “al-Jauhar al-Maknūn” li ‘Abd al-Raḥmān al-Akhḍārī fī ma`had Rauḍah al-Ṭullāb bi Jawar, Mojotengah, Wonosobo

Lutfiana, Wiga (2014) Tanfīż ta`līm al-balāgah bi istikhdām kitāb “al-Jauhar al-Maknūn” li ‘Abd al-Raḥmān al-Akhḍārī fī ma`had Rauḍah al-Ṭullāb bi Jawar, Mojotengah, Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 103211070_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103211070_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103211070_Bab1.pdf]
Preview
Text
103211070_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103211070_Bab2.pdf]
Preview
Text
103211070_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 103211070_Bab3.pdf]
Preview
Text
103211070_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (914kB) | Preview
[thumbnail of 103211070_Bab4.pdf]
Preview
Text
103211070_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 103211070_Bab5.pdf]
Preview
Text
103211070_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (657kB) | Preview
[thumbnail of 103211070_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
103211070_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang implementasi pembelajaran balaghah di Pondok Pesantren Roudlotu at-Thullab di Jawar, Mojotengah, Wonosobo, beserta kelebihan dan kekurangan darinya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana proses pembelajaran balaghah balaghah dengan menggunakan kitab “al-Jauhar al-Maknun” Karangan Adurrahman al-Akhdlari di Pondok Pesantren Roudlotu at-Thullab di Jawar, Mojotengah, Wonosobo?
2. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Implementasi pembelajaran balaghah dengan menggunakan kitab “al-Jauhar al-Maknun” Karangan Adurrahman al-Akhdlari di Pondok Pesantren Roudlotu at-Thullab di Jawar, Mojotengah, Wonosobo?
Dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode kualitatif karena data yang diperoleh bersumber pada latar alamiah dalam bentuk data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran balaghah dengan menggunakan kitab “al-Jauhar al-Maknun” Karangan Adurrahman al-Akhdlari di Pondok Pesantren Roudlotu at-Thullab di Jawar, Mojotengah, Wonosobo, beserta kelebihan dan kekurangannya.
Beberapa hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah, pertama, proses pembelajaran balaghah di pondok pesantren Roudlotu at-Thullab menggunakan metode klasik yaitu metode bandongan. Metode tersebut belum memenuhi kriteria metode deduktif dan induktif sebagai standar metode pengajaran balaghah. Pembelajaran juga belum sampai pada tujuan yang diinginkan secara sempurna karena tidak terbiasa dihadapkan pada teks-teks sastra arab pada praktiknya. Dengan demikian pemahaman siswa terkesan abstrak, karena hanya sampai pada penguasaan konsep saja. Siswa terpaku pada contoh-contoh yang ada pada buku pegangan, dan kurang mampu mengembangkannya dalam bentuk lain.
Kedua, beberapa kelebihan dari implementasi pembelajaran balaghah di pondok pesantren Roudlotu at-Thullab, adalah, Jumlah siswa yang sedikit memudahkan guru untuk mengontrol siswa secara menyeluruh. Penggunaan bahasa jawa sebagai bahasa pengantar memudahkan siswa untuk memahami penjelasan yang diberikan oleh guru.
Ketiga, di antara kekurangan dari implementasi pembelajaran balaghah di pondok pesantren Roudlotu at-Thullab, adalah, Tidak memaksimalkan media pembelajaran yang tersedia sehingga pembelajaran terasa kurang hidup. Guru tidak mempunyai rencana pembelajaran yang tertulis jelas pada kurikulum. Guru masih menjadi poros pembelajaran dan siswa belum terlibat aktif di dalamnya. Siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru. Keadaan seperti ini memungkinkan siswa mengantuk dan merasa bosan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Ismail, MA.; Mahfud Siddiq, MA.
Uncontrolled Keywords: Balagah; Buku Ajar; Tata Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Dec 2014 03:00
Last Modified: 11 Dec 2014 03:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics