Studi Komparasi Hasil Belajar Materi Haji dan Umrah antara yang Menggunakan Multimedia dan yang Menggunakan Diskusi di Kelas VIII Semester II MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang

Fahmi, Agil Ali (2013) Studi Komparasi Hasil Belajar Materi Haji dan Umrah antara yang Menggunakan Multimedia dan yang Menggunakan Diskusi di Kelas VIII Semester II MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 073111086_Coverdll.pdf]
Preview
Text
073111086_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 073111086_Bab1.pdf]
Preview
Text
073111086_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 073111086_Bab2.pdf]
Preview
Text
073111086_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 073111086_Bab3.pdf]
Preview
Text
073111086_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 073111086_Bab4.pdf]
Preview
Text
073111086_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 073111086_Bab5.pdf]
Preview
Text
073111086_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 073111086_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
073111086_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan pendidikan fiqih di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang yang pembelajarannya menggunakan multimedia dan yang pembelajarannya menggunakan diskusi. Penggunaan multimedia dan metode diskusi pada materi haji dan umrah ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Dari hasil observasi yang peneliti lakukan di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang diantaranya terdapat sarana dan prasarana yang cukup memadai, terdapat 15 ruang kelas yang masing-masing terbagi di tiga kelas yaitu kelas 1 (satu) terdapat lima kelas, kelas 2 (dua) ada lima kelas, dan kelas 3 (tiga) ada lima kelas dan juga mempunyai satu ruang laboratorium komputer yang biasanya digunakan oleh guru komputer dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang peneliti temukan di lingkungan sekitar sekolah, masih banyak siswa yang mengalami keluhan mengenai metode atau cara mengajar guru yang monoton. Guru pengajarnya sering mengajar dengan menggunakan ceramah dan jarang menggunakan metode mengajar yang bervariasi. Penggunaan multimedia ditujukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar sehingga diharapkan anak-anak mampu mengembangkan daya nalar serta daya rekanya. Sedangkan penggunaan metode diskusi merupakan suatu cara penyajian bahan pelajaran di mana guru memberi kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau penyusun berbagai alternatif pemecahan atas sesuatu masalah.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yaitu: 1) Bagaimana hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan multimedia pada materi Haji dan Umrah di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang. 2) Bagaimana hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan diskusi pada materi Haji dan Umrah di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang. 3) Adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan multimedia dan diskusi di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan multimedia pada materi haji dan umrah. 2) Hasil belajar siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan diskusi pada materi haji dan umrah. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan multimedia dan diskusi pada materi pokok haji dan umrah. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang. Datanya diperoleh dengan cara tes yang melibatkan subjek yang berjumlah 121 siswa yang tersebar di tiga kelas, yaitu 37 siswa kelas IX-c sebagai kelas uji coba, 42 siswa kelas VIII-d sebagai kelompok kelas yang pembelajarannya menggunakan multimedia, dan 42 siswa kelas VIII-e sebagai kelompok siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan diskusi.
Penelitian ini menggunakan metode komparasional dengan teknik statistik. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post-test) kelompok yang menggunakan multimedia adalah 77,21 sedangkan rata-rata hasil belajar (post-test) kelompok yang menggunakan diskusi adalah 72,00. Berdasarkan hasil uji komparasi (uji t-test) yaitu diperoleh thitung = 2,656. Setelah thitung dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk = (n1+n2-2) = 82 dan taraf signifikan 5% = 1,989. Karena thitung>ttabel berarti Ho ditolak, terlihat bahwa hasil belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan.
Kemudian pada taraf signifikansi 1% dengan dk = (n1+n2-2)= 82 dan taraf signifikansi 1% = 2,637 sedang thitung = 2,656. Jika dibandingkan keduanya maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar penggunaan multimedia dan diskusi pada materi pokok haji dan umrah di MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang.
Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan Progam Studi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Belajar; Multimedia; Metode Diskusi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 28 Nov 2013 03:40
Last Modified: 28 Nov 2013 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics