Kecerdasan Emosional (EQ) antara metode pembelajaran sekolah reguler dan metode pembelajaran sekolah alam

Afwah , Nurul (2012) Kecerdasan Emosional (EQ) antara metode pembelajaran sekolah reguler dan metode pembelajaran sekolah alam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 084411002_Coverdll.pdf]
Preview
Text
084411002_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (729kB) | Preview
[thumbnail of 084411002_Bab1.pdf]
Preview
Text
084411002_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 084411002_Bab2.pdf]
Preview
Text
084411002_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 084411002_Bab3.pdf]
Preview
Text
084411002_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 084411002_Bab4.pdf]
Preview
Text
084411002_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 084411002_Bab5.pdf]
Preview
Text
084411002_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 084411002_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
084411002_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Sudah tidak bisa disangkal lagi bahwa kecerdasan emosional merupakan hal yang mutlak dimiliki dan diperlukan manusia untuk bisa selamat dalam hidup didunia maupun akhirat. Sebagai wujud dari kecerdasan emosional itu adalah manusia mampu mengendalikan kesenagan-kesenangan kurang baik yang melekat pada dirinya.
Kecerdasan emosional bukan didasarkan pada kepintaran seorang anak, melaikan pada karakteristik pribadi. Disinilah faktor keluarga, lingkungan sekolah maupun dirinya sendiri sangat mempengaruhi kecerdasan emosinya. Keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan pribadi dan sikap anak. Kasih sayang, perawatan dan pendidikan yang diberikan orang tua baik itu pendidikan agama maupun yang lain merupakan faktor yang paling baik dalam mempersiapkan anak menjadi pribadi dan anggota masyarakat yang baik pula.
Lingkungan sekolah baik itu sekolah regular maupun sekolah alam secara sestematis juga memberikan bimbingan pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa agar mampu mengembangkan potensinya baik menyangkut aspek moral spiritual, entelektual, emosional maupun sosial. Tetapi metode pembelajaran yang diberikan pendidik kepada siswa sekolah regular dan sekolah alam itu berbeda, siswa yang belajar di sekolah regular setiap harinya hanya disuruh belajar di dalam kelas dan diberi materi saja tanpa harus mengengetahui langsung materi yang dipelajarinya. Sedangkan disekolah alam siswa belajar dilapangan langsung tentang materi yang diberikan oleh guru, siswa akan dikembalikan kepada fitrahnya yaitu belajar sesuai kemampuan (tanpa harus dipaksa untuk belajar mata pelajaran yang diwajibkan), dan kembali akrab dengan alam. Dengan konsep ini siswa akan lebih menghayati apa yang dipelajarinya serta tidak membosankan. Alam, kehidupan, dan lingkungan di manfaatkan sebagai media pembelajaran sehingga siswa siap dalam menghadapi kehidupan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana kecerdasan emosional (EQ) yang dihasilkan oleh metode pembelajaran reguler dan metode pembelajaran sekolah alam, 2). Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perbedaan kecerdasan emosional (EQ) antara metode pembelajaran reguler dan metode pembelajaran sekolah alam. Untuk menjawab persoalan diatas maka peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Dalam hal ini penulis mengambil 20 siswa kelas II dari Sekolah SMP Islam Al-Kaustar dan 10 siswa kelas II dari SMP Sekolah Alam Ar-Ridha sebagai obyek penelitian melalui kuesioner dan selanjutnya dari hasil angket tersebut dihitung dengan menggunakan rumus prosentase. Dengan tujuan untuk menentukan tinggi rendahnya prosentase dari kecerdasan emosional siswa kelas II Sekolah SMP Islam Al-Kaustar dan siswa kelas II SMP Sekolah Alam Ar-Ridha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari faktor pendukung maupun faktor penghambat kecerdasan siswa kelas II Sekolah SMP Islam Al-Kaustar dan siswa kelas II SMP Sekolah Alam Ar-Ridha adalah sama, yang membedakan hanyalah faktor lingkungan sekolah beserta pembelajarannya, dan dari faktor yang timbul dari dalam diri siswa-siswa itu sendiri. Sedangkan kecerdasan emosional siswa kelas II Sekolah SMP Islam Al-Kaustar dan siswa kelas II SMP Sekolah Alam Ar-Ridha yang telah dihitung dengan menggunakan hitungan prosentase menunjukkan bawa kecerdasan emosional yang dimiliki siswa kelas II SMP Sekolah Alam Ar-Ridha lebih tinggi dari pada kecerdasan emosional yang dimiliki siswa kelas II Sekolah SMP Islam Al-Kautsar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Sekolah Alam; Sekolah Reguler; Metode Pembelajaran
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 Nov 2013 07:32
Last Modified: 05 Jul 2021 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics