Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mapel PAI di SDN Jadi Sumber rembang
Ridwan, Moh (2013) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mapel PAI di SDN Jadi Sumber rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111135_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (866kB) | Preview
073111135_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (49kB) | Preview
073111135_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (192kB) | Preview
073111135_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (44kB) | Preview
073111135_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
073111135_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
073111135_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mapel PAI di SD N Jadi Sumber Rembang. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh penyebab dari rendahnya prestasi belajar siswa yang ada pada siswa itu sendiri. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya motivasi belajar yang diberikan guru dan orang tua siswa tersebut. Motivasi belajar penting bagi siswa untuk menunjang akan berhasil dan berguna bila siswa itu selalu diberi motivasi yang cukup untuk siswa. Dengan adanya motivasi yang di berikan maka siswa akan semangat dalam belajar sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil yang dicapai siswa akan memuaskan dan begitu sebaliknya jika siswa tidak berminat dan kurang nya motivasi maka hasil yang dicapai tidak maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana motivasi belajar di SD N Jadi Sumber Rembang semester gasal tahun pelajaran 2012/2013? (2) bagaimana prestasi belajar siswa mapel PAI di SD N Jadi Sumber Rembang semester gasal tahun pelajaran 2012/2013? (3) adakah pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mapel PAI di SD N Jadi Sumber Rembang semester gasal tahun pelajaran 2012/2013?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Populasi penelitian sebanyak 125 siswa dan yang menjadi sampel sebanyak 45 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan tes. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa SD N Jadi Sumber Rembang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata- rata 94,00 yang terletak pada interval 89 - 98. (2) Prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa SD N Jadi Sumber Rembang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam kategori cukup, dengan nilai rata- rata 81,51 yang terletak pada interval 77 - 85. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar, Berdasarkan perhitungan diperoleh harga Jika > maka (signifikan) dan sebaliknya jika < maka non signifikan. Dengan taraf signifikan 5%, dk pembilang 1 dan dk penyebut 43, diperoleh = 4,067 sedang = 36,42 jika dibandingkan keduanya 36,42 > = 4,067. Dilihat dari hitungan R square = 0,4585, yang berarti motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 45,85%.
Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD N Jadi Sumber Rembang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar ; Prestasi Belajar ; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 28 Nov 2013 08:04 |
Last Modified: | 28 Nov 2013 08:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/310 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year