Aplikasi pembelajaran pendidikan agama Islam model cooperative learning tipe jigsaw di SMA Al-Fattah Terboyo Semarang
Milkhatun, Milkhatun (2010) Aplikasi pembelajaran pendidikan agama Islam model cooperative learning tipe jigsaw di SMA Al-Fattah Terboyo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103107_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (263kB) | Preview
3103107_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (65kB) | Preview
3103107_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (205kB) | Preview
3103107_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
3103107_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
3103107_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
3103107_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan cooperative learning dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Fattah Terboyo Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, untuk mengetahui proses pembelajaran PAI melalui metode cooperative learning. 2) Interview atau wawancara yaitu untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan penerapan cooperative learning dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Fattah Terboyo Semarang. 3) Dokumentasi untuk memperoleh dokumentasi yang berhubungan dengan penerapan cooperative learning dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Fattah Terboyo Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning dalam pembelajaran PAI melibatkan teknik penataan ruang kelas, pengelompokan siswa, penerapan metode cooperative learning yang terwujud dalam bentuk jigsaw. Peran guru dalam pembelajaran dan evaluasi. Secara umum metode ini diterapkan melalui enam tahapan yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa untuk belajar, menyajikan informasi, mengorganisasi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok belajar bekerjasama, evaluasi serta pemberian reward atau penghargaan.
Pembelajaran PAI melalui penerapan cooperative learning yang terwujud dalam metode jigsaw sudah mendekati teori yang ada. Hal ini terbukti dengan adanya persiapan guru dalam mengajar dengan membuat RPP, dan membuat daftar kelompok kemudian dalam pelaksanaannya guru telah melaksanakan enam tahapan di atas. Pada penerapan jigsaw guru membagi materi dalam beberapa segmen untuk dipelajari dalam kelompok. Setiap anggota kelompok mendapat bagian yang berbeda untuk dipelajari secara mandiri, kemudian terjadi pertukaran kelompok (kelompok 1 dan kelompok 2, kelompok 3 dan kelompok 4). Seharusnya masing-masing anggota dalam kelompok asal yang mendapat tugas berbeda, dipadukan dalam kelompok ahli untuk membahas materi secara mendalam dan detail. Kemudian masing-masing anggota dari kelompok ahli kembali ke kelompok asal untuk mengajarkan kepada teman-temannya. Sedangkan evaluasi yang digunakan sudah mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun dalam hal penilaian guru menerapkan penilaian individu yang berpengaruh pada nilai kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar/pendidik, dan semua pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Hj. Nur Uhbiyati, M.Pd.; Ismail SM, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Cooperative Learning; Jigsaw |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 24 Dec 2014 09:25 |
Last Modified: | 24 Dec 2014 09:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3138 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year