Analisis pengaruh kualitas jasa dan atribut produk terhadap loyalitas nasabah Shar-e Bank Muamalat Semarang
Sumiyati, Sumiyati (2010) Analisis pengaruh kualitas jasa dan atribut produk terhadap loyalitas nasabah Shar-e Bank Muamalat Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
62411061_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (224kB) | Preview
62411061_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
62411061_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (115kB) | Preview
62411061_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (64kB) | Preview
62411061_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (355kB) | Preview
62411061_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
62411061_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Tabungan Shar-e yang oleh bank Muamalat disebut easy, everywhere, dan extra ordinary merupakan tabungan dengan jumlah peminat yang cukup banyak. Salah satu yang menarik dari tabungan ini adalah biaya yang relatif murah dan kemudahan yang dapat dinikmati nasabah. Akan tetapi sejak Agustus 2009 bank meningkatkan biaya administrasinya, sedengkan di sisi lain Bank Indonesia menerbitkan Tabunganku yang bebas biaya. Hal ini memungkinkan terjadinya perpindahan nasabah bila kualitas jasa yang ditawarkan tidak memenuhi harapan nasabah dan atribut produk Shar-e kalah bersaing dengan produk lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas produk yang antara lain adalah tangibel, reliability, responsivness, assurance, dan emphaty serta atribut produk yang terdiri dari bagi hasil, fasilitas dan biaya administrasi terhadap loyalitas nasabah Shar-e baik secara partial maupun secara simultan.
Sampel yang dgunakan sejumlah 70, karena batas minimal sampel adalah 30. tekhnik pengambilan sample dengan accidential sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada nasabah Shar-e yang kebetulan peneliti temui pada saat riset apabila dianggap sesuai di Bank Muamalat Cabang Semarang, tepatnya pada Kantor Kas Masjid Baiturrahman Semarang. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t dan uji F), sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 16 for Windows.
Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh model regresi linier berganda Y = 0,095 + 0,468X1 + 0,411X2 Sebesar 46,8% loyalitas dipengaruhi oleh kulitas jasa dan setiap penambahan 1% pada atribut produk akan berpengaruh pada loyalitas nasabah sebesar 41,1%. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa masing-masing variable berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Shar-e. Sedangkan berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai 19.841 dengan tingkat probabilitas 0,000 yang jauh di bawah alpha 5%, hal ini menunjukkan bahwa secara simultan masing-masing variabel berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Shar-e. Berdasarakan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 40,9%, sedang yang 59,1 % dijelaskan oleh variabel lain yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis. Dari hasil uji asumsi klasik uji regresimlinier dalam penelitian ini telah sesuai dengan asumsi klasik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Rahman El Junusi, SE., MM.; Rustam Dahar KAH, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas Nasabah; Bank Muamalah; Kualitas Layanan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 29 Dec 2014 08:37 |
Last Modified: | 29 Dec 2014 08:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3143 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year