Studi tentang pendidikan kemandirian di Panti Asuhan Al- Hikmah Polaman Mijen Semarang
Aisyah, Siti (2010) Studi tentang pendidikan kemandirian di Panti Asuhan Al- Hikmah Polaman Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103144_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (86kB) | Preview
3103144_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
3103144_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
3103144_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (105kB) | Preview
3103144_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
3103144_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (5kB) | Preview
3103144_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Siti Aisyah (NIM: 033311144). Studi Tentang Pendidikan Kemandirian di Panti Asuhan Al- Hikmah Polaman Mijen Semarang. Skripsi. Semarang : Program Strata 1 Jurusan Kependidikan Islam Fakultar Tarbiyah IAIN Walisongo, 2010.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) maksud kemandirian santri di Panti Asuhan Al- Hikmah. 2) pendidikan kemandirian di Panti Asuhan Al- Hikmah. 3) hasil pendidikan Kemandirian di Panti Asuhan Al- Hikmah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pendekatan ini memandang kenyataan sebagai suatu berdimensi jamak, utuh dan merupakn suatu kesatuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Metode ini dimaksudkan bahwa peneliti menjelaskan kondisi riil pendidikan keandirian yang berlangsung di Panti Asuhan Al- Hikmah dan hasil pendidikan kemandirian di Panti Asuhan Al- Hikmah terhadap kemandirian santri.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendidikan kemandian yang berlangsung di Panti Asuhan Al- Hikmah adalah berupa penanaman sikap pada santri agar dapat melaksanakan semua kegiatan sendiri tanpa bergantung pada orang lain, disiplin, dan bertanggungjawab pada apa yang dilakukannya sendiri, 2) Dalam menanamkan kemandirian pada santri, panti asuhan menerapkan beberapa kegiatan. Dari kegiatan-kegiatan ini, santri dapat belajar untuk bertanggungjawab terhadap semua kegiatan yang dilakukannya. Selain itu, santri juga diajarkan untuk melakukan semua kegiatannya sendiri sehingga santri tidak bergantung pada orang lain. Namun demikian, pengasuh dan ustadz/ah tetap melaukan pengawasan, 3) Dari proses penanaman kemandirian ini, santri dapat melakukan semua kegiatannya sendiri, memiliki kematangan berfikir, tanggung jawab, disiplin
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informansi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Abdul Wahid, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kemandirian; Panti Asuhan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 29 Dec 2014 09:08 |
Last Modified: | 29 Dec 2014 09:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3157 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year