Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadan
Supriyadi, Mohammad (2010) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105119_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (478kB) | Preview
3105119_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
3105119_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
3105119_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (65kB) | Preview
3105119_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (133kB) | Preview
3105119_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
3105119_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (22kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidika Islam apa saja yang terkandung dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis isi (content analisys) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi, yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara maupun tulisan.kemudian dilakukan interpretasi secara deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran dan penafsiran serta uraian tentang data yang telah terkumpul.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadan memiliki nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. Nilai-nilai pendidikan yang termuat dalam film kartun Upin dan Ipin episode tema Ramadan diantaranya adalah: Pertama, Nilai-nilai pendidikan ibadah yang meliputi, ibadah mahdhah dan nilai pendidikan ibadah sosial kemasarakatan. Kedua, nilai pendidikan yang bersifat universal meliputi, Kedamaian, Penghargaan, Cinta, Toleransi, Tanggung Jawab, Kebahagiaan, Kerjasama, Kejujuran, Kerendahan hati, Kebebasan, Kesederhanaan, Persatuan.
Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadan ini dapat dijadikan referensi orang tua maupun pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak. Seperti kedamaian, kejujuran, toleransi dan sebagainya. Bahasa lembut yang penuh kasih sayang dan cinta kasih yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadan dapat dijadikan teladan orang tua maupun para pendidik dalam proses pembelajaran. Seorang anak akan lebih mudah menjalankan apa yang diperintahkan seorang pendidik apabila sang pendidik tersebut memperlakukan seorang anak dengan penuh kasing sayang dan dengan bahasa yang lembut karena seorang anak akan merasa tersanjung dan merasa dihargai. Film kartun ini sendiri dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi anak oleh orang tua ataupun guru (pendidik) baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Sajid Iskandar, Drs.; Abdul Wahib, Drs., M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Film Kartun; Media Pembelajaran; Metode Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 Dec 2014 09:51 |
Last Modified: | 30 Dec 2014 09:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3178 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year