Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) se Kabupaten Wajo
Arif, Muh Amin (2010) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) se Kabupaten Wajo. Masters thesis, IAIN Walisongo.
AminArif_Tesis_Coverdll.pdf - Submitted Version
Download (182kB) | Preview
AminArif_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (56kB) | Preview
AminArif_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (152kB) | Preview
AminArif_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (16kB) | Preview
AminArif_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi guru yang berisi kemampuan guru dalam memahami peserta didiknya, kemampuan dalam proses pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi), kemampuan guru dalam mengembangkan potensi peserta didiknya dan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Kabupaten Wajo diperoleh data bahwa guru Pendidikan Agama Islam kurang mengetahui tingkat kecerdasan peserta didiknya, hal ini ditandai dengan tidak dimilikinya data kecerdasan peserta didik, sehingga peserta didik memperoleh perlakuan yang sama dalam materi Pendidikan Agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam belum optimal dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran, hal ini ditandai dengan masih adanya guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Kabupaten Wajo yang tidak memanfaatkan alat-alat elektronik dan internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang ada di Kabupaten Wajo.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru Pendidikan Agama Islam dalam hal pelaksanaan Kompetensi Pedagogik yang terkait dengan ; 1. Pemahaman guru Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik. 2. Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran. 3. Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan potensi peserta didik. 4. Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan teknologi Pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang ada di Kabupaten Wajo yang berjumlah 8 orang. 4 orang dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanasitolo. 1 orang dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Majauleng. 1 orang dari Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Gilireng. Dan 2 orang dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pitumpanua.
Setelah melakukan pengumpulan data, penyajian data, dan analisis data diperoleh data bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang ada di Kabupaten wajo sudah baik. Dari empat aspek yang diteliti terkait dengan pelaksanaan kompetensi pedagogik tiga aspek terlaksana dengan baik dan 1 aspek tidak terlaksana dengan baik.
Berdasarkan data tersebut di atas maka diharapkan bagi guru Pendidikan Agama Islam yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Kabupaten Wajo untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya khususnya dalam hal pemanfaatan teknologi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru PAI |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 28 Nov 2013 08:48 |
Last Modified: | 28 Nov 2013 08:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year