Implementasi pembelajaran Kimia dengan metode STAD (Student Teams Achievement Division) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) dan religi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok Hidrokarbon di MA Ma’arif Borobudur
Umaya, Jauhar Mama (2010) Implementasi pembelajaran Kimia dengan metode STAD (Student Teams Achievement Division) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) dan religi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok Hidrokarbon di MA Ma’arif Borobudur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3104305_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (167kB) | Preview
3104305_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
3104305_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (2kB) | Preview
3104305_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
3104305_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
3104305_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
3104305_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi pembelajaran kimia dengan metode STAD (Student Teams Achievement Division) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) dan religi pada materi pokok hidrokarbon di MA Ma’arif Borobudur; 2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia dengan penerapan metode STAD berbasis CTL dan religi pada materi pokok hidrokarbon di MA Ma’arif Borobudur.
Adanya beberapa permasalahan pada pembelajaran kimia yang ditemui siswa kelas X. Siswa mengalami kesulitan dalam materi yang diajarkan, siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran dikarenakan siswa terbiasa dengan metode klasikal, hal ini merupaka salah satu yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Untuk itu peneliti melakukan perbaikan dengan implementasi pembelajaran kimia dengan metode STAD berbasis CTL dan religi.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan diskriptif prosentase. Dari hasil penelitian, pada siklus I menunjukkan hasil dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 62,95% dan nilai rata-rata siswa 51,85. pada siklus II nampak terjadi peningkatan hasil belajar setelah siswa mengerti pembelajaran dengan metode STAD berbasis CTL dan religi dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 85,18% dan nilai rata-rata siswa 65,77. Selanjutnya dilakukan perbaikan lagi pada siklus III. Dalam siklus III ini siswa mencapai ketuntasan belajar sebesar 95% dengan nilai rata-rata 76,95.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah, pada khusunya guru kimia yang ada di Madrasah Aliyah untuk meningkatkan penerapan metode STAD berbasis CTL dan religi gunanmeningkatkan hasil belajar siswa, serta bagi mahasiswa, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Atik Rahmawati, M.Si.; Drs. Ikhrom, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Kimia; Student Teams Achievement Division (STAD); Contextual Teaching and Learning (CTL); Hidrokarbon; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 31 Dec 2014 09:01 |
Last Modified: | 31 Dec 2014 09:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3188 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year