Problematika pembelajaran Al-Qur'an Hadits dan solusinya pada kelas VII di MTs NU 18 Salafiyah Karangmalang Kangkung Kendal tahun ajaran 2009/2010
Ni’mah, Laely Syakurotun (2010) Problematika pembelajaran Al-Qur'an Hadits dan solusinya pada kelas VII di MTs NU 18 Salafiyah Karangmalang Kangkung Kendal tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105031_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
3105031_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (70kB) | Preview
3105031_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (123kB) | Preview
3105031_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (61kB) | Preview
3105031_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
3105031_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
3105031_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits,2)Bagaimana problematika pembelajaran al-Quran Hadits,3)Bagaimana solusi yang di lakukan oleh MTs NU 18 Salafiyah dalam rangka menghadapi problematika pembelajaran al-Qur’an Hadits.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik analisis kualitatif. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif. Metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian. Sedangkan metode induktif yaitu suatu pengambilan keputusan dengan menggunakan pola pikir yang terkait dari fakta-fakta yang sifatnya khusus kemudian digeneralisasikan kepada hal-hal yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi meliputi: 1) Problematika yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan anak didik; 2) Problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi guru; 3) problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode mengajar, 4) Problematika yang berhubungan dengan media dan sumber belajar, 5) problematika yang berhubungan dengan evaluasi. Tindakan dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut adalah meningkatkan belajar siswa dengan belajar berlatih dan membiasakan membaca, meningkatkan profesionalitas guru, melalui pelatihan pembelajaran Al-Qur'an Hadits dan memperkaya keilmuannya dengan pengetahuan-pengetahuan lainnya, disamping itu guru lebih aktif mencari buku bandingan sebagai pendukung, penggunaan metode yang mengedepankan peran siswa. mengikut sertakan siswa dalam kegiatan di setiap pembelajaran. Guru menciptakan suasana yang kondusif dan komunikatif, penyediaan media dan sarana belajar untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar, mengetahui karakteristik dan tingkat pengetahuan siswa, selain itu guru menguasai dalam strategi penilaian dengan tujuan untuk mempermudah untuk mengevaluasi.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dan berdampak langsung dalam bentuk perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru dalam mengelola kelas. Artinya guru dapat memperoleh teori yang dibangun sendiri bukan diberikan pihak luar.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa para tenaga pengajar, para peneliti di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Ruswan, M.A.; Drs. H. Abdul Wahid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Al-Qur'an; Hadits |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 31 Dec 2014 09:41 |
Last Modified: | 31 Dec 2014 09:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3205 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year