Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode index card match pada mata pelajaran PAI standar kompetensi mengenal rasul-rasul Allah swt dan menceritakan kisah sahabat Nabi (studi tindakan pada siswa kelas V, SD Tambakaji 04 Ngaliyan Semarang, semester genap tahun ajaran 2009-2010)
Safaatun, Safaatun (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode index card match pada mata pelajaran PAI standar kompetensi mengenal rasul-rasul Allah swt dan menceritakan kisah sahabat Nabi (studi tindakan pada siswa kelas V, SD Tambakaji 04 Ngaliyan Semarang, semester genap tahun ajaran 2009-2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105058_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (205kB) | Preview
3105058_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
3105058_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (128kB) | Preview
3105058_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
3105058_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (95kB) | Preview
3105058_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
3105058_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI SD kelas V, dengan menggunakan metode index card match (mencari jodoh kartu tanya jawab). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Tambakaji 04 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2009-2010 yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 22 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki, namun terdapat 4 siswa yang beragama non muslim. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu: 1) Perencanaan (planning). 2) Pelaksanaan tindakan (acting). 3) Pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif kuantitatif, Penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya menumbuhkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas dengan fokus menerapkan metode index card match.
Dari data-data observasi yang peneliti dapatkan, dapat diketahui dari konsidi awal bahwasannya di kelas V khususnya kelas V-A SD Tambakaji 04 Ngaliyan Semarang terjadi permasalahan dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI yang rendah dan jauh dari pencapaian target yang ditetapkan oleh pihak SD. Dari data penelitian pra siklus dapat diketahui bahwa pembelajaran PAI yang dilaksanakan di kelas V-A masih menggunakan metode yang klasikal tanpa fariasi yang membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Dari hal tersebutlah siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, malah gaduh sendiri dan ada yang tidur di kelas pada waktu diadakannya ulangan hasilnya jauh dari yang diharapkan.
Dari data penelitian tindakan kelas yang telah peneliti peroleh pada tahap awal/pra siklus, siklus I dan siklus II pada pembelajaran PAI dengan menggunakan metode index card match adalah sebagai berikut:
Peningkatan hasil belajar Pra Siklus Siklus I Siklus II
Jumlah siswa tuntas belajar 14 siswa 20 siswa 34 siswa
Jumlah siswa tidak tuntas belajar 22 siswa 16 siswa 2 siswa
Rata-rata nilai siswa 59,94% 64,31% 77,08%
Prosentase Ketuntasan 38,9% 55,6% 94,4%
Sehingga hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menngunakan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI standar kompetensi mengenal rasul-rasul Allah SWT dan menceritakan kisah sahabat nabi, di kelas V-A SD Tambakaji 04 Ngaliyan Semarang. Dan berdasarkan hasil penelitin diharapkan dapat memberikan informasi, masukan, dan pengetahuan kepada semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ismail SM., M.Ag.; Hj. Lift Anis Ma’sumah, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Index Card Match; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 05 Jan 2015 05:39 |
Last Modified: | 05 Jan 2015 05:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3210 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year