Relevansi kitab Washoya al-Abaa lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir terhadap pendidikan akhlak kontekstual
Hijriyah, Hijriyah (2010) Relevansi kitab Washoya al-Abaa lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir terhadap pendidikan akhlak kontekstual. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105107_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (164kB) | Preview
3105107_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
3105107_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
3105107_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
3105107_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (85kB) | Preview
3105107_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
3105107_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (20kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai (1) kandungan pendidikan akhlak yang ada dalam kitab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir. (2) relevansi kitab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’ terhadap pendidikan akhlak kontekstual. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Hermeneutik dan Content Analysis. Penerapan metode Hermeneutik yaitu: pertama-tama penulis menyajikan apa adanya teks tersebut, kemudian menguraikan data-data terkait biografi pengarangnya, baik beberapa buah karyanya, backgroundnya maupun konteks sosial saat teks tersebut lahir. Selanjutnya setelah melewati proses content analisys untuk menelaah isi pesan yang ada dalam kitab Washoya, penulis memadukan isi dalam Kitab tersebut dengan permasalahan pendidikan akhlak kontekstual. Dalam kondisi ini hermeneutik memerankan dirinya sebagai sebuah metode yang menafsirkan atau menginterpretasikan. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi kitab Washoya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’ mengandung pedidikan akhlak yang berorietasi pada penegakan moral. Dari 20 bab yang diuraikan, hanya 2 bab yang memfokuskan perhatiannya pada selain sosial. Namun walaupun begitu, cakupan materinya memuat 3 hal terkait tanggung jawab manusia untuk memenuhi akhlaqul karimah. Yakni, tanggung jawab individu terhadap Allah SWT, tanggung jawab individu terhadap manusia, termasuk dirinya sendiri dan tanggung jawab individu terhadap alam serta lingkungan.
Jika dikaitkan dengan pendidikan akhlak kontekstual, pendidikan akhlak dalam kitab Washoya sangat relevan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Baik secara materi, metode penyampaian maupun kemasan bahasanya. Kitab Washoya membuka diri terhadap perubahan zaman dan mengarah pada perkembangan mental peserta didik sebagai bekal menghadapi arus globalisasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Abdul Kholiq, M.Ag.; Syamsul Ma’arif, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 05 Jan 2015 08:46 |
Last Modified: | 05 Jan 2015 08:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3238 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year