Upaya meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek dengan menggunakan strategi reading aloud pada santri kelas IV TPQ Baitul Muttaqien Wahyu Utomo Ngaliyan Semarang
Kholilurrohman, Kholilurrohman (2010) Upaya meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek dengan menggunakan strategi reading aloud pada santri kelas IV TPQ Baitul Muttaqien Wahyu Utomo Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105116_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (206kB) | Preview
3105116_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
3105116_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (171kB) | Preview
3105116_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
3105116_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
3105116_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
3105116_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek dengan menggunakan Strategi Reading Aloud pada santri kelas IV TPQ Baitul Muttaqien.
Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (Classroom Action Research) pada santri kelas IV. TPQ Baitul Muttaqien yang berjumlah 15 santri. Dari hasil observasi awal pada tahap pra siklus di kelas IV, dapat diketahui bahwa metode pembelajaran dan metode menghafal yang digunakan oleh guru pengampu di kelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, yaitu santri disuruh menghafal surah-surah pendek, dan guru hanya mengawasi kegiatan menghafal mereka, akibatnya ketika santri jenuh, mereka cenderung malas dan tidak mau melanjutkan kembali hafalanya, hal ini dibuktikan dengan kualitas hafalan santri yang masih rendah.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran menghafal dengan menggunakan Strategi Reading Aloud, dan penerapan teknik ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua pihak yang terlibat di dalam pembelajaran, maka suasana kelas menjadi lebih ceria, para santri menjadi bersemangat dalam menghafal dan hasil hafalan memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata hafalan santri 49,6, dari 15 siswa hanya 3 siswa yang lulus. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I nilai rata-rata hafalan santri meningkat menjadi 66,3 (3 santri masih dinyatakan belum lulus). setelah diadakan evaluasi tindakan, maka pada siklus II hasil hafalan santri mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 82,3 dan semua santri telah dinyatakan lulus. Dari tiga tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya Strategi Reading Aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek.
Dalam penelitian ini, penggunaan Strategi Reading Aloud dilaksanakan secara kolektif dengan melibatkan semua pihak di dalam kelas, baik asatidz, santri, maupun sarana dan prasarana yang menunjang terjadinya pembelajaran, hal tersebut merupakan bukti konkrit bahwa segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar akan bisa terlaksana dengan baik apabila semua pihak yang terkait dengan proses tersebut saling mendukung
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Mursid, M.Ag.; Hj. Lift Anis Ma’shumah, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis al-Qur'an; Strategi Pembelajaran; Reading Aloud |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 08:21 |
Last Modified: | 06 Jan 2015 08:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3242 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year