Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan dengan metode tutor sebaya (peer teaching) pada siswa kelas VIII-H MTSN 1 Semarang tahun pelajaran 2009-2010
Nafisah, Syafrotun (2010) Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan dengan metode tutor sebaya (peer teaching) pada siswa kelas VIII-H MTSN 1 Semarang tahun pelajaran 2009-2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111021_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (216kB) | Preview
63111021_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
63111021_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (398kB) | Preview
63111021_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
63111021_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
63111021_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
63111021_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang maksimalnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar yang di sebabkan kurangnya pemahaman terhadap suatu materi yang dihasilkan dari pembelajaran yang sering digunakan guru pada umumnya: menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah dan hafalan dan kurangnya penggunaan metode dan sarana prasarana dalam menunjang KBM.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, 2) upaya untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII-H MTsN I Semarang.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VIII-H MTsN I Semarang yang kekatifan siswa dalam belajarnya masih rendah. Dengan menggunakan lembar observasi tentang keaktifan siswa. Dari pra siklus skor keaktifan 371dengan prosentase 49% kategori kurang. Kemudian pada siklus 1 skor keaktifannya 471 dengan prosentase meningkat menjadi 62% kategori baik. Dan pada siklus 2 skor keaktifan 582 dengan prosentase mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 77% termasuk dalam kategori sangat baik. Dan peningkatan tersebut diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 77%.
Dari penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua, pihak (guru, siswa, orang tua), untuk dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan mata pelajaran yang lainnya. Dan tak lupa hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar dan semoga bisa memberikan sedikit kontribusi bagi dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Hj. Nur Asiyah, M.S.I.; Drs. Karnadi Hasan, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Peer Teaching; Tutor Sebaya; Baca Tulis Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 08:31 |
Last Modified: | 06 Jan 2015 08:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3249 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year