Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang
Khoiriyah, Siti (2012) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083311024_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (599kB) | Preview
083311024_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
083311024_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
083311024_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
083311024_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
083311024_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
083311024_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus diterapkan sejak anak usia dini, untuk membentuk watak dan karakter agar mereka mampu berdiri tegak dan tegar dalam meniti kehidupan dan menjadi manusia yang beriman dab bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini dilakukan peneliti untuk mengetahui sejauh mana perencanaan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang, pelaksanaan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang, evaluasi manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, dan metode yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama; Perencanaan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang cukup baik sekali. Hal ini dapat dilihat dengan adanya upaya untuk mewujudkan tujuan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik yang mencakup pengembangan sarana Pendidikan Agama Islam, penguasaan materi Pendidikan Agama Islam, kualitas guru, dan kualitas anak. Kedua; Pelaksanaan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan pemilihan metode yang berkesesuaian dengan materi pelajaran serta kebutuhan dan kondisi kemampuan anak. Dan adanya pembiasaan-pembiasaan yang sangat baik, baik dari pembiasaan moral dan nilai agama sampai bersosial budaya. Ketiga; Evaluasi yang dilaksanakan oleh TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang tidak lain sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas internal sekolah (terkait dengan kualitas guru dan anak) dan meningkatkan kualitas pembelajaran tentang Pendidikan Agama Islam. agar anak lebih memahami dasar-dasar Pendidikan Agama Islam, dan mengamalkan Pendidikan Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan pada hasil penelitian diatas , maka manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di TK PGRI IV/89 Ngaliyan Semarang dapat dijadikan sebagai acuan bagi sekolah lain dalam menentukan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran ; Pendidikan Agama Islam; Taman Kanak Kanak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 03:07 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 03:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/325 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year