Upaya peningkatan hasil belajar Qur’an Hadits melalui penerapan metode reading aloud pada kelas VIII H MTs N 1 Semarang
Ma’unah, Siti (2010) Upaya peningkatan hasil belajar Qur’an Hadits melalui penerapan metode reading aloud pada kelas VIII H MTs N 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105118_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (837kB) | Preview
3105118_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
3105118_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (121kB) | Preview
3105118_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (33kB) | Preview
3105118_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (101kB) | Preview
3105118_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
3105118_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (21kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan metode reading aloud pada pembelajaran Qur’an Hadits kelas VIII H MTsN 1 Semarang (2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan metode reading aloud di kelas VIII H MTsN 1 Semarang.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VIII H MTsN 1 Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII H sebelum tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Qur’an Hadits yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal itu dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga tampak adanya hasil belajar yang belum optimal; artinya, belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Obyek penelitian ini adalah di MTsN 1 Semarang dengan populasi 976 dan dilaksanakan pada kelas VIII H yang berjumlah 38 siswa.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran reading aloud dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan siswa sebesar 50% dan rata-rata tes akhir 63,94. Pada tahap siklus I setelah dilakukan tindakan keaktifan siswa meningkat menjadi 57,50%. Sedangkan pada siklus II setelah dilakukan tindakan keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu 77,50 %. Dan nilai rata-rata akhir setelah dilakukan tindakan kelas (siklus I, II,) yaitu 81,71. Dari 3 tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran reading aloud dengan sebelumnya.
Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan metode reading aloud. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Mursid, M.Ag.; Ridwan, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Qur’an Hadits; Metode Reading Aloud |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 09:29 |
Last Modified: | 06 Jan 2015 09:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3252 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year