Penerapan pembelajaran active learning tipe reading guide untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi pokok ayat-ayat Al-Qur’an surat Al Fatir ayat 32-33 di kelas XI.IS.I SMAN 10 Purworejo tahun ajaran 2010/2011
Fatmah, Siti (2010) Penerapan pembelajaran active learning tipe reading guide untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi pokok ayat-ayat Al-Qur’an surat Al Fatir ayat 32-33 di kelas XI.IS.I SMAN 10 Purworejo tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111070_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (142kB) | Preview
63111070_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
63111070_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (234kB) | Preview
63111070_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
63111070_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
63111070_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
63111070_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang menjadi penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pembelajaran active learning tipe reading guide pada mata pelajaran PAI materi pokok ayat-ayat Al-Qur’an surat Al-Fatir ayat 32-33 di kelas XI.IS.I SMAN 10 Purworejo. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi pokok ayat-ayat Al-Qur’an surat Al-Fatir ayat 32-33 dengan menggunakan metode Reading Guide di SMAN 10 Purworejo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas persiklus.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan penerapan model pembelajaran active learning tipe reading guide pada mata pelajaran PAI materi pokok ayat-ayat Al-Qur'an Surat Al Fatir ayat 32-33 di kelas XI. IS. I SMA N 10 Purworejo dilakukan dengan menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah disusun sebelumnya. Pelaksanaannya yaitu guru memberikan bahan materi yang harus diamati, dibaca dan dipahami oleh peserta didik dengan terlebih dahulu memberikan bimbingan, kemudian guru memberikan kisi-kisi atau pertanyaan yang dapat di isi oleh peserta didik. Selanjutnya dibatasi waktu peserta didik dalam mempelajari kisi-kisi atau pertanyaan tersebut. Kemudian dibahas dengan menanyakan jawaban kepada peserta didik. Setelah itu guru memberikan penjelasan secukupnya mengenai indikator-indikator keberhasilannya. Dalam penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan-tahapan yang disebut siklus (pra siklus, siklus I dan siklus II) yaitu untuk mengetahui perkembangan dan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran active learning tipe reading guide. 2) Penerapan pembelajaran active learning tipe reading guide terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI. IS. I SMA N 10 Purworejo, peningkatan hasil ini ditunjukkan dengan adanya perubahan dalam proses pembelajaran yaitu keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, juga ditunjukkan adanya peningkatan nilai skor tes akhir dari masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor yang diprosentasikan melalui pengamatan tentang aktivitas peserta didik pada tiap siklus yang semakin meningkat. Prosentase keaktifan peserta didik pada tahap pra siklus yaitu 65,11% pada siklus I menjadi 70% dan siklus II meningkat menjadi 83,89%, sedangkan peningkatan tes hasil belajar dari pra siklus, siklus I dan siklus II semakin meningkat dari 67,92 menjadi 73,78 dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 79,05.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Mursid, M. Ag,; Akhwan Fanani, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Active Learning; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Jan 2015 08:20 |
Last Modified: | 09 Jan 2015 08:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3271 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year