Upaya meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa kelas VIII melalui penerapan metode gallery walk dan simulasi (studi tindakan di MTs Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak)

Rohmad, Rohmad (2010) Upaya meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa kelas VIII melalui penerapan metode gallery walk dan simulasi (studi tindakan di MTs Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105173_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105173_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 3105173_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105173_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 3105173_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105173_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 3105173_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105173_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 3105173_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105173_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 3105173_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105173_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 3105173_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105173_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dalam belajar fikih dengan penerapan metode gallery walk dan Simulasi.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VIII MTs Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII sebelum penelitian tindakan, dapat diketahui bahwa metode yang diberikan guru pada materi pelajaran fikih masih menggunakan metode ceramah, peserta didik menunjukkan sikap yang kurang berkeaktifan dan cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Selama proses pembelajaran, beberapa dari peserta didik tersebut tidak memperhatikan penjelasan materi yang diberikan oleh guru dan ada juga yang melakukan aktivitas yang lain, seperti mengantuk, mengobrol dengan teman bahkan ada yang mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain. Sehinga peserta didik tidak berperan aktif dalam mengikuti pelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kelas VIII B untuk penerapan pembelajaran melalui penerapan metode gallery walk dan simulasi yang jumlah siswanya ada 41 peserta didik.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan penerapan metode metode gallery walk dan simulasi dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dalam belajar dan hasil belajar menjadi maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus keaktifan belajar peserta didik mempunyai prosentase 61,43 % dan rata-rata nilai akhir 63,90. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 68,58 % dan rata-rata tes akhir 68,90. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 keaktifan belajar mengalami peningkatan yaitu keaktifan peserta didik dapat diprosentasekan menjadi 78,58 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 74,76. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sesudah diterapkan metode gallery walk dan simulasi dengan sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Isma’il SM, M.Ag.; Hj. Lift Anis Ma’sumah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Fiqih; Metode Pembelajaran; Gallery Walk; Simulasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 12 Jan 2015 09:33
Last Modified: 12 Jan 2015 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics