Keterpaduan media komik dan CD multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi pokok protista kelas X Madrasah Aliyah Negeri Lasem tahun 2009-2010
Kurniasari, Dewi (2010) Keterpaduan media komik dan CD multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi pokok protista kelas X Madrasah Aliyah Negeri Lasem tahun 2009-2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105187_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (767kB) | Preview
3105187_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
3105187_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
3105187_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
3105187_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
3105187_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
3105187_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X-3 setelah dilakukan tindakan berupa penggunaan media komik dan CD multimedia pada pembelajaran biologi materi pokok protista, (2) mengetahui peningkatan aktifitas belajar peserta didik setelah menggunakan media komik dan CD multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas X-3 MAN Lasem dengan jumlah peserta didik sebanyak 46 anak.
Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Pelaksanaan siklus I sudah direncanakan sebelumnya. Pelaksanaan siklus II merupakan hasil refleksi dari siklus I dan pelaksanaan siklus III adalah hasil refleksi dari siklus II. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi secara langsung pada saat pembelajaran dan pengambilan nilai pada tiap akhir siklus. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, lembar observasi aktifitas peserta didik digunakan sebagai lembar penilaian psikomotorik dan afektif siswa selama proses pembelajaran di kelas berlangsung. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan pembelajaran.
Hasil penelitian siklus I aspek interaksi antar peserta didik menunjukkan kategori cukup dan kurang, sedangkan interaksi siswa dengan guru menunjukkan kategori cukup dengan persentase sebesar 51,96 %. Hasil Pengamatan pelaksanaan pembelajaran guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup dengan persentase 61,76 %. Ketuntasan belajar mencapai 60,87% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 71,04, naik 5,82 poin dari rata-rata data awal sebesar 65,22 menjadi 71,04 di siklus I.
Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 82,61 % dengan rata-rata kelas sebesar 76,02, naik 4,98 poin dari siklus I. Aspek interaksi antar peserta didik menunjukkan kategori baik, sedangkan interaksi siswa dengan guru menunjukkan kategori cukup dengan persentase sebesar 59,57 %. Hasil Pengamatan pelaksanaan pembelajaran guru pada siklus II menunjukkan kategori baik dengan persentase 77,94 %.
Sedangkan pada siklus III ketuntasan belajar telah mencapai 95,65 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,72. Aspek interaksi antar peserta didik menunjukkan kategori baik dan baik sekali, sedangkan interaksi siswa dengan guru menunjukkan kategori baik dengan persentase sebesar 66,52%. Hasil Pengamatan pelaksanaan pembelajaran guru pada siklus II menunjukkan kategori baik sekali dengan persentase 86,76%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Komik; CD Multimedia; Hasil Belajar; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 09 Jan 2015 08:30 |
Last Modified: | 24 May 2021 04:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3297 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year