Studi manajemen mutu pengawas pendidikan agama Islam Roudlotul Athfal/Madrasah Ibtidaiyah di kabupaten Batang
Fatkhi, Qurrota A’yun (2010) Studi manajemen mutu pengawas pendidikan agama Islam Roudlotul Athfal/Madrasah Ibtidaiyah di kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63311014_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (152kB) | Preview
63311014_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (108kB) | Preview
63311014_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (129kB) | Preview
63311014_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (89kB) | Preview
63311014_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (95kB) | Preview
63311014_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
63311014_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Rumusan Masalah: 1). Bagaimana manajemen mutu pengawas pendidikan agama Islam Roudlotul Athfal/Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Batang?, 2). Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen mutu pengawas pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Batang?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif. Temuan penelitian ini yaitu meliputi: 1). Manajemen mutu pengawas pendidikan agama Islam merupakan suatu hal yang penting untuk diterapkan karena pengawas pendidikan agama Islam merupakan elemen yang penting sehingga kualitasnya harus tetap dijaga. Mutu pengawas pendidikan agama Islam dimulai dari proses rekruitmen, seorang pengawas harus memiliki kualifikasi yang telah ditetapkan pemerintah pada peraturan menteri pendidikan nasional no.12 tahun 2007. Dan harus mengikuti uji kompetensi yang ditetapkan. Sehingga ketika input pengawas pendidikan agama Islam itu sudah baik dilanjutkan pengelolaan pengawas untuk proses pelaksanaan tugas yaitu pengembangan diri dengan pengembangan mutu sumber daya manusia, peningkatan kualitas sarana dan prasarana, serta peningkatan kesejahteraan pengawas pendidikan agama Islam. Penjaminan pengawas pendidikan agama Islam dari input dan proses maka output yang dihasilkan juga akan baik. 2). Adapun faktor pendukung dan juga penghambat dalam penerapan manajemen mutu pengawas pendidikan agama Islam roudlotul athfal/madrasah ibtidayah di kabupaten Batang meliputi: Faktor pendukung kinerja pengawas pendidikan agama Islam kerjasama dengan instansi pendidikan, yaitu kementrian pendidikan, kerjasama antara sie Mapenda dengan pengawas pendidikan agama Islam,adanya dukungan penuh oleh pihak madrasah, faktor penghambat kurangnya dan operasional pengelolaan PPAI, banyaknya urusan di lingkup Mapenda, jumlah PPAI yang tidak sesuai dengan kebutuhan, kurang diminatinya profesi PPAI.
Selanjutnya, semoga penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi Pengawas pendidikan agama Islam di kabupaten Batang, bahan informasi bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Fahrurrozi, M.Ag.; Ismail SM, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Manajemen Mutu |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 Jan 2015 07:41 |
Last Modified: | 13 Jan 2015 07:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3315 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year