Studi komparasi keberhasilan membaca al-Qur’an antara santri yang belajar dengan metode Qiroati di TPQ Miftahul Huda Ngaliyan dengan santri yang belajar dengan metode Iqro’ di TPQ Al-Fattah Purwoyoso Semarang
Mindarningtias, Cholifah (2010) Studi komparasi keberhasilan membaca al-Qur’an antara santri yang belajar dengan metode Qiroati di TPQ Miftahul Huda Ngaliyan dengan santri yang belajar dengan metode Iqro’ di TPQ Al-Fattah Purwoyoso Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105302_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (216kB) | Preview
3105302_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (54kB) | Preview
3105302_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (164kB) | Preview
3105302_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
3105302_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (72kB) | Preview
3105302_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
3105302_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keberhasilan membaca Al-Qur’an santri yang belajar dengan Metode Qiroati di TPQ Miftahul Huda, 2) Keberhasilan membaca Al-Qur’an santri yang belajar dengan Metode Iqro’ di TPQ Al-Fattah, 3) Perbedaan keberhasilan membaca Al-Qur’an santri yang belajar dengan Metode Qiroati di TPQ Miftahul Huda dengan santri yang belajar dengan Metode Iqro’ di TPQ Al-Fattah Purwoyoso Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik komparasi, subyek penelitian sebanyak 60, yang terbagi dua kelompok. Kelompok pertama santri yang belajar dengan Metode Qiroati sebanyak 30 dengan santri yang belajar dengan Metode Iqro’ sebanyak 30. Dalam penelitian ini menggunakan teknik populasi karena populasinya kurang dari 100. Pengumpulan data menggunakan tes lisan untuk mengetahui keberhasilan membaca Al-Qur’an antara yang belajar dengan metode Qiroati dengan santri yang belajar dengan metode Iqro’, sedangkan metode wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian bahwa: 1) keberhasilan membaca Al-Qur’an santri yang belajar dengan metode Qiroati termasuk pada kategori baik, yaitu dengan nilai rata-rata 72,06 dengan nilai terendah 61 dan nilai tertinggi 82; 2) keberhasilan membaca Al-Qur’an santri yang belajar membaca dengan metode Iqro’ termasuk pada kategori cukup, yaitu dengan nilai rata-rata 67,5 dengan nilai terendah 61 dan nilai tertinggi 80; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang keberhasilan membaca Al-Qur’an santri yang belajar dengan metode Qiroati dengan santri yang belajar dengan metode Iqro’, ditunjukkan oleh rumus t-score. Dimana nilai to = 3,193 lebih besar dari t yang ada pada tabel t (df = 58) baik pada taraf signifikansi 5% =1,671 maupun pada taraf signifikansi 1% = 2,390.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Alis Asikin, M.A.; Drs. Darmuin, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Al-Qur’an; Metode Pembelajaran; Qiroati; Iqro’ |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 09:03 |
Last Modified: | 15 Jan 2015 09:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3342 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year