Pengaruh persepsi siswa pada penggunaan preparat jaringan tumbuhan sebagai media pembelajaran materi pokok struktur tubuh tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU Banat Kudus
Aliya, Zhulfa (2010) Pengaruh persepsi siswa pada penggunaan preparat jaringan tumbuhan sebagai media pembelajaran materi pokok struktur tubuh tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU Banat Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105336_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
3105336_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
3105336_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
3105336_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
3105336_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
3105336_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
3105336_ Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penggunaan media preparat jaringan tumbuhan pada materi pokok struktur tubuh tumbuhan di MTs. NU Banat Kudus, 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan preparat jaringan tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. NU Banat Kudus.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah persepsi siswa mengenai penggunaan media pembelajaran preparat jaringan tumbuhan pada materi pokok struktur tubuh tumbuhan di MTs. NU Banat Kudus, 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menggunakan preparat jaringan tumbuhan, 3) Adakah pengaruh penggunaan preparat jaringan tumbuhan terhadap hasil belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs. NU Banat Kudus yang berjumlah 336 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei. Variabel penelitian ini adalah preparat jaringan tumbuhan (X), dan hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi satu prediktor dengan program statisik SPSS.
Berdasarkan analisis hipotesis menunjukkan penggunaan preparat jaringan tumbuhan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Ỷ = 59,673 + 0,350 X. Uji F dilihat dengan taraf signifikansi 5% dan N sebesar 34 diperoleh > dengan angka 10,22 > 2,49.
Berdasarkan hasil ini diharapkan bagi para guru khususnya guru biologi diharapkan dapat menciptakan media pembelajaran yang baik dan menarik yang sesuai dengan materi agar siswa benar-benar dapat menerima pelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Preparat Jaringan Tumbuhan; Media Pembelajaran; Biologi; Struktur Tubuh Tumbuhan; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 05:17 |
Last Modified: | 24 May 2021 03:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3350 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year