Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Emosional di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru
Sarifuddin, Sarifuddin (2010) Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Emosional di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Sarifuddin_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (374kB) | Preview
Sarifuddin_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (374kB) | Preview
Sarifuddin_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (385kB) | Preview
Sarifuddin_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (17kB) | Preview
Sarifuddin_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (21kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki; (1) Apa tujuan kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan emosional di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja, kabupaten Barru? (2) Bagaimana upaya penerapan kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan emosional yang dilakukan oleh kepala SMA Negeri 1 Soppeng Riaja, kabupaten Barru?
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah: (a) observasi, (b) interview, dan (c) dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode descriptif analitis dan dilaporkan dengan deskripsi mendalam (thick description).
Hasil analisis data menggambarkan bahwa; (1) Tujuan kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan emosional di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja, kabupaten Barru, antara lain: Untuk memperbaiki standar isi dan kompetensi sekolah, memperbaiki standar proses pembelajaran, memperbaiki standar pendidik dan tenaga kependidikan, memperbaiki standar sarana dan prasarana, memperbaiki standar pengelolaan sekolah, memperbaiki standar pembiayaan, memperbaiki standar penilaian pendidikan, dan memperbaiki kesiapan sekolah dan dukungan eksternal. (2) Upaya penerapan kepemimpinannya melalui empat aspek kecerdasan emosional. Pertama, Situasi saat ini yaitu pengendalian emosi yang ditimbulkan oleh peristiwa hidup, tekanan pekerjaan, dan tekanan masalah pribadi dalam mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya. Kedua, Pemahaman kecerdasan emosional yaitu pemahaman perasaan diri dan orang lain dalam mengendalikan ekspresi emosi serta memanfaatkan potensi emosi sebagai sumber energi dan sumber informasi. Ketiga, Kemampuan kecerdasan emosional yaitu pengaktualisasian potensi diri yang meliputi intensionalitas, kreativitas, ketangguhan, dan hubungan antar pribadi dalam memotivasi dan menggerakkan stafnya agar bekerjasama berpartisipasi dalam meraih keberhasilan menuju kesempurnaan tujuan organisasi sekolah. Kempat, Nilai-nilai dan keyakinan kecerdasan emosional yaitu pengedepanan kasih sayang, sudut pandang, intuisi, daya pribadi dan integritas dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan dan dalam bekerjasama dengan stafnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kecerdasan Emosional; Emotional Intelligence |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 09:03 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 09:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/342 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year