Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Emosional di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru

Sarifuddin, Sarifuddin (2010) Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Emosional di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Sarifuddin_Tesis_Coverdll.pdf]
Preview
Text
Sarifuddin_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of Sarifuddin_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Sarifuddin_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of Sarifuddin_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Sarifuddin_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of Sarifuddin_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Sarifuddin_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of Sarifuddin_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Sarifuddin_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki; (1) Apa tujuan kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan emosional di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja, kabupaten Barru? (2) Bagaimana upaya penerapan kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan emosional yang dilakukan oleh kepala SMA Negeri 1 Soppeng Riaja, kabupaten Barru?
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah: (a) observasi, (b) interview, dan (c) dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode descriptif analitis dan dilaporkan dengan deskripsi mendalam (thick description).
Hasil analisis data menggambarkan bahwa; (1) Tujuan kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan emosional di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja, kabupaten Barru, antara lain: Untuk memperbaiki standar isi dan kompetensi sekolah, memperbaiki standar proses pembelajaran, memperbaiki standar pendidik dan tenaga kependidikan, memperbaiki standar sarana dan prasarana, memperbaiki standar pengelolaan sekolah, memperbaiki standar pembiayaan, memperbaiki standar penilaian pendidikan, dan memperbaiki kesiapan sekolah dan dukungan eksternal. (2) Upaya penerapan kepemimpinannya melalui empat aspek kecerdasan emosional. Pertama, Situasi saat ini yaitu pengendalian emosi yang ditimbulkan oleh peristiwa hidup, tekanan pekerjaan, dan tekanan masalah pribadi dalam mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya. Kedua, Pemahaman kecerdasan emosional yaitu pemahaman perasaan diri dan orang lain dalam mengendalikan ekspresi emosi serta memanfaatkan potensi emosi sebagai sumber energi dan sumber informasi. Ketiga, Kemampuan kecerdasan emosional yaitu pengaktualisasian potensi diri yang meliputi intensionalitas, kreativitas, ketangguhan, dan hubungan antar pribadi dalam memotivasi dan menggerakkan stafnya agar bekerjasama berpartisipasi dalam meraih keberhasilan menuju kesempurnaan tujuan organisasi sekolah. Kempat, Nilai-nilai dan keyakinan kecerdasan emosional yaitu pengedepanan kasih sayang, sudut pandang, intuisi, daya pribadi dan integritas dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan dan dalam bekerjasama dengan stafnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kecerdasan Emosional; Emotional Intelligence
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Nov 2013 09:03
Last Modified: 29 Nov 2013 09:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics