Pendidikan Ketrampilan Keagamaan dalam Perspektif Psikomotorik Melalui Pelaksanaan Camping Dakwah Ramadan Siswa Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri 1 Surakarta
Handayani, Umi Iftika (2011) Pendidikan Ketrampilan Keagamaan dalam Perspektif Psikomotorik Melalui Pelaksanaan Camping Dakwah Ramadan Siswa Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri 1 Surakarta. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Handayani_Tesis_Coverdll.pdf - Submitted Version
Download (772kB) | Preview
Handayani_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (86kB) | Preview
Handayani_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (61kB) | Preview
Handayani_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (16kB) | Preview
Abstract
Pendidikan ketrampilan keagamaan merupakan suatu usaha yang dilakukan dalam pengembangan potensi diri khususnya ketrampilan dalam bidang agama. Pendidikan ketrampilan keagamaan ini dilaksanakan melalui kegiatan camping dakwah Ramadan. Dilihat dari segi potensi pengembangannya, kegiatan camping dakwah Ramadan memberikan suatu pengembangan dari segi potensi diri khususnya pelatihan terhadap prilaku yang menuju arah kebaikan serta mencakup aspek intelektual siswa (kognitif), aspek emosional (afektif),dan aspek ketrampilan itu sendiri (psikomotorik).
Psikomotorik merupakan ketrampilan yang telah dilakukan dalam proses untuk menentukan pemahaman dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai pendidikan agama tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Sebagaimana islam mempunyai peranan penting dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan yang dijadikan sebagai sarana upaya dalam mengembangkan pendidikan dalam bidang ketrampilan keagamaan khususnya camping dakwah Ramadan yang dilaksanakan siswa siswi kelas XI MAKN 1 Surakarta.
Dalam kegiatan camping dakwah Ramadan para siswa melaksanakan program kegiatan dengan segala kemampuan dan ketrampilan (psikomotorik) dalam bidang keagamaan yang telah direalisasikan kepada masyarakat khususnya di daerah Karanggede Boyolali. Karena gerak psikomotorik itu merupakan tindak lanjut dari afektif dan kognitif.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan berdasarkan sifatnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggambarkan pendidikan ketrampilan keagamaan dalam perspektif psikomotorik melalui pelaksanaan camping dakwah Ramadan, dimana pelaksanaannya dilakukan oleh siswa siswi yang beranjak kelas XI Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri 1 Surakarta.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan camping dakwah Ramadan merupakan program kegiatan yang cara kerja dari kegiatannya yaitu menggunakan gerak ketrampilan fisik baik pendidikan keagamaannya maupun dari ketrampilan psikmotoriknya. Karena program kegiatan camping dakwah Ramadan memang dikemas melatih siswa yang dimaksudkan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki siswa siswi kelas XI MAKN 1 Surakarta kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Ketrampilan Keagamaan; Camping Dakwah Ramadan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 09:03 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 09:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/345 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year