Upaya Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Kisah dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Tindakan Kelas VIII A MTs Sumberejo Mranggen Demak)
Al-Huda, A.M. (2011) Upaya Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Kisah dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Tindakan Kelas VIII A MTs Sumberejo Mranggen Demak). Masters thesis, IAIN Walisongo.
Huda_Tesis_Cover.pdf - Cover Image
Download (17kB) | Preview
Huda_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (183kB) | Preview
Huda_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (48kB) | Preview
Huda_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (207kB) | Preview
Huda_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (12kB) | Preview
Huda_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran aqidah akhlak yang selama ini dilakukan di kelas VIII A MTs Sumberejo Mranggen Demak masih banyak dikuasai oleh cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat dengan sistem evaluasi yang mengutamakan pengukuran kemampuan menjawab pertanyaan hafalan atau kemampuan verbal lainnya. Proses pembelajaran yang dilakukan menjadikan siswa pasif melakukan diskusi dengan teman dan bereksperimen. Dilihat dari ketuntasan belajarnya dengan nilai 70 hanya berkisar pada 40-50 % dari jumlah siswa di kelas VIII A.
Salah satu dari metode yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran al-Qur’an hadits adalah metode pelajaran berhikmah dan kisah (cerita). Metode ini telah digunakan sejak diturunkannya wahyu sampai sekarang. Bahkan dalam perkembangannya metode ini telah menjadi bagian dari pelajaran bahasa dan telah ditentukan jam khusus untuk itu, hal ini telah ada dalam sistem pendidikan modern terbukti dengan dimasukkannya cerita dalam kurikulum sekolah. Cara mengajar dengan metode kisah yang baik mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian Classroom Action Research yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan rtefleksi.
Hasil penenlitian menunujukkan 1) Peningkatan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII A MTs Sumberejo Mranggen Demak setelah menggunakan metode kisah dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar siswa dalam setiap siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya 4 siswa atau 10 % naik menjadi 9 siswa atau 22,5 % pada siklus I, naik lagi pada siklus II 15 siswa atau 37,5% dan di akhir siklus III menjadi 36 siswa atau 90 %. Ini menunjukkan hasil belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII A MTs sumberejo mranggen demak menggunakan metode kisah pada pelaksanaan tindakan siklus I, Siklus II dan Siklus III dapat diketahui perubahan-perubahan baik dari cara belajar siswa dan hasil belajarnya dimana di akhir siklus III ketuntasan belajar 90 % 2) Peningkatan motivasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII A MTs Sumberejo Mranggen Demak setelah menggunakan metode kisah dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar siswa dalam setiap siklus dimana pada pra siklus indikator keberhasilan pada kategori baik dan baik sekali ada 8 siswa atau 20 %, naik menjadi 19 siswa atau 47,5 % pada siklus I, naik lagi pada siklus II menjadi 32 siswa atau 82 % dan di akhir siklus III menjadi 37 siswa atau 92,5 %. Ini menunjukkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII A MTs Sumberejo Mranggen Demak menggunakan metode kisah pada pelaksanaan tindakan siklus I, Siklus II dan Siklus III dapat diketahui perubahan-perubahan baik dari cara belajar siswa dan motivasi belajarnya pada kategori baik dan baik seklai mencapai 92,5 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Metode Kisah; Studi Tindakan Kelas |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Dec 2013 08:00 |
Last Modified: | 02 Dec 2013 08:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/349 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year