Pendidikan budi pekerti anak dalam keluarga pada kelompok varian masyarakat Jawa (Priyayi, santri dan abangan) di Desa Kunir Kec. Dempet Kab. Demak
Qowiyyul Aziz, Ahmad (2014) Pendidikan budi pekerti anak dalam keluarga pada kelompok varian masyarakat Jawa (Priyayi, santri dan abangan) di Desa Kunir Kec. Dempet Kab. Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
093111012_coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
093111012_bab1.pdf - Accepted Version
Download (169kB) | Preview
093111012_bab2.pdf - Accepted Version
Download (323kB) | Preview
093111012_bab3.pdf - Accepted Version
Download (84kB) | Preview
093111012_bab4.pdf - Accepted Version
Download (189kB) | Preview
093111012_bab5.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
093111012_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (102kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang model pendidikan budi pekerti yang diterapkan oleh keluarga terutama orang tua dalam upaya membentuk kepribadian anak yang ber-akhlaqul karimah di Desa Kunir Kec. Dempet Kab. Demak. Kajian dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan latar belakang orang tua berdasarkan status dalam varian masyarakat Jawa yang tentunya mempengaruhi keberhasilan proses pendidikan budi pekerti itu sendiri. Dalam hal ini tentunya pendidikan yang diterapkan sangat berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh yaitu budi pekerti anak. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: bagaimana Pendidikan Budi Pekerti Anak Dalam Keluarga Pada Kelompok Varian Masyarakat Jawa (Priyayi, Santri dan Abangan) Di Desa Kunir Kec. Dempet Kab. Demak? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Desa Kunir Kec. Dempet Kab. Demak.Keluarga yang menjadi perwakilan dari masing-masing varian di Desa ini dijadikan sebagai sumber data untuk mengetahui model pendidikan yang diterapkan dalam upaya membentuk pribadi anak yang ber-akhlaqul karimah. Datanya diperoleh dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, bukan angka-angka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pendidikan budi pekerti yang diterapkan pada setiap varian keluarga sangatlah berbeda. Pada kalangan keluarga dari varian priyayi menggunakan pendidikan yang cukup baik dengan metode pendidikan melalui pemahaman dan keteladanan, serta pola pendidikan yang otoriter.sehingga membentuk karakter anak yang berbudi pekerti halus. Adapun metode yang diterapkan oleh kalangan santri lebih lengkap yaitu berupa pemahaman, keteladanan dan pembiasaan. Adapun pola yang digunakan lebih demokratis yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil dari proses pendidikan tersebut yaitu anak yang ber-akhlaqul karimah. Sedangkan pola liberal (bebas) diberikan oleh orang tua pada kalangan abangan kepada putra-putri mereka.Hal ini tidak diimbangi dengan metode pendidikan akhlak yang baik karena para orang tua hanya memberikan pemahaman tentang budi pekerti yang baik kepada anaknya tanpa memberikan contoh dan pembiasaan. Dan pada akhirnya terbentuklah anak yang memiliki budi pekerti kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Nasirudin, M.Ag. ; H. Mursid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Budi pekerti anak, Varian masyarakat Jawa |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 307 Communities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 27 Feb 2015 02:43 |
Last Modified: | 27 Feb 2015 02:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3563 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year