Pengaruh pengetahuan masyarakat terhadap minat menjadi nasabah Bank Muamalat Cabang Kendal : studi pada masyarakat Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal

Aini, Arifatul (2014) Pengaruh pengetahuan masyarakat terhadap minat menjadi nasabah Bank Muamalat Cabang Kendal : studi pada masyarakat Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 092411035_Coverdll.pdf]
Preview
Text
092411035_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (617kB) | Preview
[thumbnail of 092411035_Bab1.pdf]
Preview
Text
092411035_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 092411035_Bab2.pdf]
Preview
Text
092411035_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 092411035_Bab3.pdf]
Preview
Text
092411035_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (979kB) | Preview
[thumbnail of 092411035_Bab4.pdf]
Preview
Text
092411035_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 092411035_Bab5.pdf]
Preview
Text
092411035_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 092411035_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
092411035_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (102kB) | Preview

Abstract

Beberapa tahun belakangan ini perkembangan bank Syari’ah banyak menemui perkembangan yang signifikan dan banyak mulai diminati oleh masyarakat, terlebih pada orang-orang yang beragama islam. Dengan bersandarkan asas-asas islami bank-bank syariah mulai menunjukkan pengaruh dan kekuatannya di sektor perekonomian Indonesia. Namun tidak sedikit dari masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya bank syariah beroprasi. Termasuk dalam pelaksanaan aqadnya yang benar-benar melingkupi orang-orang islam khusunya. Karena pada dasarnya pengetahuan masyarakat tentang bank pada umumnya dan bank Syariah pada khususnya akan mempengaruhi minat masyarakat sendiri untuk menjadi nasabahnya. Termasuk dalam hal pengetahuan masyarakat tentang bank syari’ah yang akan mempengaruhi minat seorang muslim khusunya. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk meneliti seberapa besar pengaruh pengetahuan tentang bank syariah terhadap minat masyarakat dengan judul : Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Muamalat Cabang Kendal ( Studi Masyarakat Kota Kendal, Kabupaten Kendal ).
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitin kuantitatif, oleh karena itu data yang diperoleh nantinya berupa angka. Dari angka yang di peroleh akan di analisis lebih lanjut dalam analisis data. Penelitian ini terdiri atas dua variable, yaitu Pengetahuan Masyarakat sebagai variabel X dan Minat Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Y
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan parsial dengan menggunakan SPSS 16.0. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Kota Kendal. Metode pengambilan sampel non probability, dengan metode accidental sampling yaitu suatu metode pengambilan ukuran sampel secara kebetulan, dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang dianggap sesuai untuk dijadikan data penelitian. Berdasarakan rumus solvin jumlah sampel yang diperoleh adalah 100, dari populasi yang ada sebanyak 55.800 jiwa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan masyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah. Hal ini dibuktikan bahwa variabel pengetahuan konsumen dengan nilai t hitung sebesar 12.234> t tabel 1.6605dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 dibawah 0,05. Bukti empiris ini memberikan indikasi bahwa dalam upaya menarik minat masyarakat dalam meningkatkan jumlah nasabah bank Muamalat cabang Kendal. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa faktor pengetahuan konsumen mempunyai pengaruh yang dominan untuk minat menjadi nasabah. dan Dari hasil uji F pengetahuan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank Muamalat cabang Kendal. Hal ini ditunjukkan dengan hasil dari uji ANOVA atau F test. Dari hasil analisis uji F didapat F hitung sebesar149.674> F tabel sebesar 3.93 dan tingkat probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05 dan F hitung lebih besar dari F tabel maka, model regresi dapat dipergunakan untuk memprediksi minat atau dapat dikatakan bahwa variabel pengetahuan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menjadi nasabah bank Muamalat cabang Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bank Muamalat; Nasabah Bank; Bank Syari’ah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Mar 2015 08:14
Last Modified: 28 Jul 2021 04:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3579

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics