Manajemen pelayanan jama’ah haji kantor Departemen Agama Kabupaten Brebes : tahun 2006-2007

Jamaludin, Jamaludin (2009) Manajemen pelayanan jama’ah haji kantor Departemen Agama Kabupaten Brebes : tahun 2006-2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1103087 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
1103087 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 1103087 _Bab 1.pdf]
Preview
Text
1103087 _Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 1103087 _Bab 2.pdf]
Preview
Text
1103087 _Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 1103087 _Bab 3.pdf]
Preview
Text
1103087 _Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 1103087 _Bab 4.pdf]
Preview
Text
1103087 _Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 1103087 _Bab 5.pdf]
Preview
Text
1103087 _Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 1103087 _Bibliografhy.pdf]
Preview
Text
1103087 _Bibliografhy.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan ibadah haji dilakukan setiap tahun oleh umat Islam di Indonesia. Sesuai dengan Undang-Undang No 17 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan ibadah haji, menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya terhadap jama’ah haji melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan haji. Penyelenggaraan sistem dan manajemen haji dimaksudkan agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntutan agama, jama’ah dapat melaksanakan ibadah secara mandiri sehingga diperoleh haji yang mabrur. Kantor Departemen Agam Kabupaten Brebes adalah instansi yang bertugas memberikan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji. Kantor Departemen Agama merupakan instansi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji dari segi pelayanan. Bahkan dapat menberikan penjelasan atau jawaban atas apa yang masyarakat tidak ketahui tentang bentuk pelayanan dan bimbingan haji.
Penyelenggaraan ibadah haji di Kabupaten Brebes masih belum maksimal terutama pada mutu pelayanan, selam ini pelayanan kepada jama’ah haji belum sesuai dengan tuntutan dan keinginan jama’ah haji. Terkadang mereka sebagai petugas masih mengutamakan kepentingan individu padahal mereka sebagai abdi masyarakat. Masih minimnya kualitas dari petugas haji pada hal pelayanan yang diberikan adalah tugas berat dar Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji. Untuk itu perlu adanya sebuah manajemen pelayanan yang baik, sehingga jama’ah haji mendapatkan pelayanan yang memuaskan.
Penelitian ini dengan judul “Manajemen Pelayanan Jama’ah Haji Kantor Departemen Agama Kabupaten Brebes (Tahun 2006-2007)”. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana bentuk pelayanan jama’ah haji Kantor Departemen Agama Kabupaten Brebes. 2. Untuk mengetahui bagaiman penerapan fungsi-fungsi manajemen pelayanan jama’ah haji Kantor Departemen agama Kabupaten Brebes.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini tidak mengadakan perhitungan dan lebih mudah bila dihadapkan dengan kenyataan ganda, metode yang menyajikan secara langsung hakekat hubungan antar peneliti dan responden, lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dengan pola-pola nilai yang dihadapi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik interview atau wawancara dengan petugas-petugas haji yaitu kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji, dan dokumentasi berupa buku, jurnal atau tulisan yang mendukung penelitian ini. Sedangkan teknik analisis dengan menggunakan analisis SWOT, variabel yang digunakan adalah manajemen pelayanan jama’ah haji.
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui proses manajemen pelayananan jama’ah haji di Kantor Departemen Agama Kabupaten Brebes. Adapun bentuk dan fungsi-fungsi manajemen pelayanan ini dapat dilihat dari pelayanan yang diberikan oleh Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Yuyun Affandi, Lc., M.A.; Drs. Siti Prihatiningtyas, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Mar 2015 09:26
Last Modified: 22 May 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3600

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics