Pemberdayaan Kelembagaan Madrasah Aliyah NU Banat Kudus
Shonhaji, Moh. (2010) Pemberdayaan Kelembagaan Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Shonhaji_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (155kB) | Preview
Shonhaji_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (266kB) | Preview
Shonhaji_Tesis_Bab1.PDF - Submitted Version
Download (49kB) | Preview
Shonhaji_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (160kB) | Preview
Shonhaji_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (14kB) | Preview
Shonhaji_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (7kB) | Preview
Abstract
Madrasah secara kelembagaan perlu dikembangkan dari sifat reaktif dan proaktif terhadap perkembangan masyarakat menjadi rekonstruksionistik sosial. Mengelola suatu lembaga pendidikan bukanlah pekerjaan mudah. Ada beberapa strategi dalam pengembangan madrasah, yaitu : 1) Peningkatan layanan pendidikan di madrasah; 2) Perluasan dan pemerataan kesempatan pendidikan di madrasah; 3) Peningkatan mutu dan relevansi pendidikan; 4) Pengembangan sistem dan manajemen pendidikan dan 5) Pemberdayaan kelembagaan madrasah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pemberdayaan kelembagaan MA NU Banat Kudus. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini antara lain bahwa pemberdayaan kelembagaan madrasah dapat diartikan sebagai proses untuk mengembangkan madrasah agar dapat berdaya guna secara maksimal dan berdaya saing dengan lembaga pendidikan lain di belahan dunia secara internasional. Pemberdayaan kelembagaan di madrasah aliyah NU Banat Kudus dapat dibagi menjadi 2 yakni : Kelembagaan yang dikelola secara formal antara lain : Komite Madrasah dan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Kelembagaan yang dikelola secara informal antara lain : forum Seninan, pengajian Ahad awal bulan, forum 2-an (pengelola bahasa), forum 6-an (koordinasi ketua kelas), forum 9-an (pengelola internet), forum 13-an (pengelola pesantren), forum 17-an (pengelola koperasi dan badan usaha milik Banat), forum 24-an (koordinasi guru piket dan wali kelas), forum 27-an (koordinasi guru mapel muatan lokal).
Untuk itu, kepada pihak pengelola MANU Banat Kudus, diharapkan selalu meningkatkan kerjasama antar steakholder pendidikan. Sebab dengan kerjasama yang baik akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Selain itu, upaya kreatifitas pengembangan madrasah terus dinantikan kiprahnya untuk bersaing dengan lembaga pendidikan lain baik di sekitar madrasah maupun secara global bersaing di belahan internasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Madrasah Aliyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Dec 2013 08:35 |
Last Modified: | 02 Dec 2013 08:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/365 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year