Manajemen Pelaksanaan Kurikulum PAI di Sekolah Dasar Islam Integral Luqman Al-Hakim Kudus
Mukodas, Mukodas (2010) Manajemen Pelaksanaan Kurikulum PAI di Sekolah Dasar Islam Integral Luqman Al-Hakim Kudus. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Mukodas_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (451kB) | Preview
Mukodas_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (273kB) | Preview
Mukodas_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (433kB) | Preview
Mukodas_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (72kB) | Preview
Mukodas_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (62kB) | Preview
Abstract
Pada hakikatnya setiap lembaga pendidikan berusaha mengelola kurikulum secara maksimal agar terwujud pendidikan yang bermutu. Upaya yang ditempuh diantaranya penambahan materi khusus (program takhassus) berupa program unggulan sebagai ciri khas lembaga tersebut. Adalah SD Islam Integral Luqman al-Hakim Kudus merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memadukan kurikulum dari program Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama dan prgram unggulan dari yayasan.
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang manajemen kurikulum PAI di SD Islam Integral Luqman al-Hakim Kudus. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini bahwa manajemen kurikulum PAI di SD Islam Integral Luqman al-Hakim Kudus dilakukan dengan enam pendekatan terpadu yang meliputi : 1) Pendekatan formal-struktural, yaitu pendekatan yang dilakukan melalui kegiatan tatap muka formal dalam jam belajar mengajar resmi pada mata ajaran ulumuddin khususnya untuk materi keimanan, ibadah dan akhlak. 2) Pendekatan formal-non struktural, yakni proses pencerapan nilai-nilai Islam secara tidak langsung dalam setiap mata ajaran Iptek dan keterampilan yang diberikan kepada siswa. 3) Pendekatan personal dengan memberikan keteladanan yang diberikan oleh guru dan pengelola pendidikan utamanya menyangkut aspek akhlak, pakaian dan ibadah. 4) Pendekatan penegakan aturan yang berintikan penghargaan dan hukuman (reward and punishment) yang dibuat dan diberlakukan di sekolah. 5) Pendekatan kultural melalui penerapan budaya sekolah (school culture) yang diciptakan, berupa nilai-nilai utama yang dianut dan dikembangkan di sekolah. 6) Pendekatan sosial melalui pembinaan pergaulan antar siswa (interaksi antar siswa) yang selalu diarahkan sesuai dengan nilai-nilai Islam, antara lain nilai-nilai ukhuwah Islamiyyah, kejujuran, saling menghargai dan sebagainya.
Faktor yang mendasari pengelolaan kurikulum di SD Islam Integral Luqman al-Hakim Kudus adalah adanya tujuan dan target lembaga yang mengharapkan agar siswa memiliki prestasi yang unggul, bermutu tinggi, dan mampu melahirkan sumber daya manusia yang siap memikul amanah Allah sebagai hamba dan khalifah-Nya. Selain itu didukung dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang memiliki program unggulan dengan cara sistem belajar siswa aktif (SBSA), sistem penghargaan dan hukuman (reward and punishment) serta bimbingan belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar Islam Terpadu |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 00:37 |
Last Modified: | 03 Dec 2013 00:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/366 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year