Pengaruh pelayanan dan produk terhadap kepuasan pasien rawat inap (studi kasus pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam NU Demak)
Bisri, Muhamad (2014) Pengaruh pelayanan dan produk terhadap kepuasan pasien rawat inap (studi kasus pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam NU Demak). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
102411089_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (661kB) | Preview
102411089_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (212kB) | Preview
102411089_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (328kB) | Preview
102411089_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (220kB) | Preview
102411089_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (743kB) | Preview
102411089_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
102411089_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (99kB) | Preview
Abstract
Perusahaan jasa memasarkan berbagai macam jenis atribut-atribut jasa pelayanan yang dapat memberikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mewujudkan pelayanan yang baik Rumah Sakit Islam NU Demak dalam perkembangannya dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pasiennya dengan memperhatikan dimensi pelayanan itu sendiri yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Tidak hanya pelayanan saja, produk juga menjadi hal yang sangat penting bagi pasien untuk memilih rumah sakit. Biasanya produk atau kualitas ruangan bisa tercipta kepuasan pasien. Hal tersebut dapat dilihat dari tiga tahun terakhir Rumah Sakit Islam NU Demak mengalami fluktuasi jumlah pasien. Dari latar belakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh nilai pelayanan dan nilai produk terhadap kepuaan pasien rawat inap (studi kasus pasien rawat jalan Rumah Sakit Islam NU Demak)”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelayanan dan produk di Rumah sakit Islam NU Demak, untuk menjelaskan tingkat kepuasan di Rumah sakit Islam NU Demak, serta untuk mengetahui pelayanan dan produk berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam NU Demak.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada pasien rawat inap Rumah Sakit Islam NU Demak. Dalam penelitian ini teknik menggunakan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda, analisis deskriptif variabel penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hepotesa, sedangkan pengelolaan datanya menggunakan SPSS 16.00 for windows.
Dari hail pengelolaan data penelitian diperoleh regresi linier berganda, Y= 9,829 + 0,140 X1 - 0,032 X2. Besarnya pengaruh pelayanan dan produk terhadap kapuasan pasien sebesar 12,1%. Dari hasil perhitungan secara silmutan diperoleh F hitung sebesar (6,658) dengan tingkat probabilitas yaitu 0,002 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut berarti secara silmutan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelayanan dan produk terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam NU Demak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan rumah sakit; Kepuasan pelanggan; Pasien rawat inap |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 Mar 2015 08:32 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 02:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3664 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year